Pergerakan perangkat teknologi gadget sangat cepat produsen berlomba-lomba untuk menampilkan produk-produk tercanggih yang mereka buat untuk menyaingi satu dan lainnya. Secara sadar ataupun tidak sadar kita selalu terpaksa menjadi konsumtif untuk mengikuti yang katanya kemajuan zaman.

Seperti yang di lansir oleh www.techadvisor.co.uk (14/12/2017) berikut ini beberapa perangkat smartphone yang akan hadir di tahun 2018

Advertisement

1. GooglePixel 3

Setelah berhasil meluncurkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL beberapa waktu lalu, Google kembali akan memeperkenalkan produk terbaru trio Pixel mereka. Smartphone besutan Google ini diperkirakan akan mendarat pada 4 Oktober 2018, dengan salah satu dari mereka berpotensi menjadi rival untuk iPhone X. Dengan kode nama Cross hatch, Alba core dan Blue line, Google Pixel terbaru ini akan hadir dengan versi Android terbaru – Android 9.0 P dan kemungkinan mereka akan membawa prosesor 7nm Snapdragon 845 dan menampilkan layar 18: 9 POLED.

2. Huawei P11

Untuk trade show MWC bulan Februari, P11 akan menjadi penerus kapal induk perusahaannya saat ini, P10 sama dengan P 10 kemungkinan P11 akan mendapatkan chip Kirin 970 yaitu chip inti okta (core Cortex-A53 4×2.4GHz Cortex-A73 dan 4×1.8GHz) dengan GPU 12 inti yang semuanya dibangun pada proses 10nm yang mengklaim Huawei memberikan kinerja CPU 25 kali lebih baik dan efisiensi energi 50 kali lebih besar.

3. LG G7

LG G6 (foto) belum lama berkeliaran tapi sudah ada beberapa rumor yang muncul mengenai model selanjutnya. Diperkirakan bahwa perusahaan tersebut akan merilis LG G7 pada awal Januari 2018 untuk mengelompokkan peluncuran di CES 2018. Ini akan memberikannya sebuah head start melawan rival utama seperti Galaxy S9. Rumor lain menunjukkan bahwa LG sudah membujuk dengan Qualcomm dan G7 akan menjadi yang pertama dengan prosesor Snapdragon 845 barunya.

4. NOKIA 9

Nokia 8 baru sekarang dijual tapi banyak pengamat gadget menunggu pengumuman di Nokia 9, yang diharapkan bisa menjadi lebih menyenangkan dari keduanya. Rumor mengatakan itu mengungkapkan besar bisa datang pada tanggal 19 Januari. Nokia 9 dianggap sebagai versi upgrade dari Nokia 8 dengan layar berukuran lebih besar 5.7 in 18: 9 dan RAM 2GB tambahan, namun gambar bocor terbaru menunjukkan layar standar 16: 9.

Di lihat dari kamera ganda – berpotensi 13Mp dengan sensor RGB dan monokrom terpisah. Kamera selfie 13Mp juga bisa ditemukan di depan. Ini adalah konfigurasi yang terlihat di Nokia 8, yang juga dilengkapi foto B o t h i e – gambar yang menggabungkan gambar dari kamera depan dan belakang untuk membuat gambar yang lebih lengkap. Juga baru di Nokia 8 adalah rekaman audio Ozo 360 derajat, yang yakini juga akan masuk ke Nokia 9. Nokia 9 dianggap sebagai andalan di keluarga ponsel Nokia Android, dan dengan demikian kemungkinan akan menjalankan Qualcomm Snapdragon 835 10nm dengan GPU Adreno 540, ditambah RAM 6GB dan penyimpanan 64GB.

5. Samsung Galaxy S9 Mini

Anda mungkin pernah membaca rumor tentang Galaxy S8 Mini. Namun, saat kita mendekati tanggal rilis Galaxy S9 itu terlihat lebih mungkin jika jika ada ponsel seperti itu maka akan menjadi Galaxy S9 Mini, bukan Galaxy S8 Mini.

Ada sedikit yang harus dilakukan saat ini, namun Leaker Ice Universe telah menyarankan melalui Weibo bahwa Samsung mengerjakan telepon layar 5 inci dengan layar penuh. Kedengarannya seperti Galaxy S9 Mini yang potensial, tapi bisa juga update ke seri Galaxy A. Kita harus menunggu dan melihat

6. Samsung Galaxy Note X

Telepon yang bisa diikat akhirnya akan menjadi kenyataan di awal 2018 jika rumor itu bisa dipercaya. Samsung diduga akan meluncurkan 100.000 unit ponsel Galaxy X yang bisa dilacak pada kuartal ketiga tahun ini, meski berharap harganya mahal.

Galaxy Note X, yang sebelumnya dikenal sebagai Project Valley, diperkirakan merupakan smartphone dengan layar ganda (satu di setiap sisi) yang dilipat untuk mengungkapkan tablet 7in. Tablet 8in yang dilipat menjadi telepon 5 inci juga telah dikabarkan.

7. Sony Xperia XZ1 Premium

Sony diperkirakan akan meluncurkan versi premium Sony Xperia XZ1 pada pameran dagang MWC 2018 bulan Februari, akan menempatkan tanggal peluncurannya pada 25 Februari 2018.

Banyak yang mengharapkan Premium menampilkan layar 5.7in 4K dengan desain ‘bezel-less’ 18:9. Kurang diketahui pada perangkat keras utama, dengan sumber lain yang mengklaim akan menampilkan RAM Snapdragon 835 atau 845, 4- atau 6GB dan penyimpanan 64 atau 128GB dan Samsung mungkin akan lagi memegang eksklusif pada chip Qualcomm baru.

8. Mi Xiaomi Mix 3

Masih jauh dari tanggal rilis Mi Mix 3 yang potensial (kemungkinan Oktober 2018), namun tampaknya Xiaomi sudah mengerjakan perangkat baru ini jika gambar belakang panel belakang bocor. Ini mungkin tidak lebih dari sebuah prototipe, tapi jika melihat cahaya hari kita akan melihat Mi Mix dengan sudut yang lebih bulat dari sebelumnya, dan pemindai sidik jari dual-kamera vertikal dan vertikal di bagian belakang.

Demikian sedikit ulasan mengenai produk smartphone yang akan datang di tahiun 2018 nanti, bersiaplah untuk memilih dan memiliki slah satunya.