Apps

Membandingkan Fitur Chat di Aplikasi Go-Jek, Uber, dan Grab

Persaingan layanan ojek online di Indonesia masih ketat dan semakin ketat. Situasi ini memaksa para pelaku bisnis untuk putar otak memberi yang terbaik untuk pelanggan, mulai dari memberi subsidi sampai dengan menyediakan fitur chat.

Setelah Grab dan Uber merilis fitur pesan agar para penumpang bisa berkomunikasi dengan pengemudi, sekarang giliran Go-Jek yang merilis fitur serupa. Fitur ini mempermudah kedua pihak agar tidak perlu meninggalkan aplikasi Go-Jek untuk berkomunikasi.

Setelah Go-Jek meluncurkan ini, berarti sekarang persaingan aplikasi transportasi online untuk urusan chatting via Internet sudah lengkap dan akan membuat persaingan makin seru.

Buat kamu yang lupa dengan fitur chat dari masing-masing aplikasi, berikut ini adalah perbandingan di antara ketiganya:

1. Grab Chat

Perusahaan penyedia jasa transportasi online asal Singapura ini, bisa dibilang sebagai pelopor fitur chat. Diluncurkan bulan Oktober 2016, Grab mengumumkan kehadiran fitur pesan instan bernama GrabChat.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa berkomunikasi dengan pengendara di berbagai layanan, seperti GrabBike, GrabCar, dan GrabTaxi, langsung di aplikasi Grab, tanpa perlu menghabiskan pulsa untuk menelepon atau mengirim SMS.

Jika koneksi Internet kamu tidak bagus, maka GrabChat secara otomatis akan beralih ke SMS agar pesan yang ingin dikomunikasi tetap sampai, tetapi tentu saja dengan konsekuensi pulsa kamu harus terpotong.

Untuk memakai fitur ini, pengguna hanya perlu menekan tombol gelembung pesan berwarna putih dan hijau. Kemudian pengguna dan pengendara bisa langusng berkirim pesan tanpa meninggalkan aplikasi.

2. Uber Chat

Bulan Agustus 2017, Uber menghadirkan fitur Chat dalam aplikasinya demi memudahkan komunikasi antara penumpang dengan mitra pengemudi. Fitur ini digunakan di semua layanan Uber, yakni UberMotor, UberX, dan UberBlack.

Sebagai perusahaan yang sudah beroperasi di banyak kota dan negara, Uber menyediakan layanan ini di semua negara. Jika kamu berada di luar negeri dan hanya membawa kartu SIM seluler dari negara asal, layanan ini tetap berjalan menggunakan paket data internet.

3. Go-Jek Chat

Fitur chat dari perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini masih tergolong baru, karena baru hadir dalam aplikasinya pada Rabu (13/12). Sampai sekarang Go-Jek belum mengumumkan secara resmi fitur chat ini.

Cara pakainya, setelah pengguna melakukan order, aplikasi ini akan memunculkan notifikasi untuk memberi tahu Go-Jek telah menyediakan fitur chat. Kamu bisa pakai fitur tersebut dengan menekan tombol biru seperti gelembung pesan.

Karena masih baru, fitur chat di Go-Jek belum merata bisa dirasakan banyak pengguna. Jika penumpang telah menerima fitur chat tetapi si pihak pengemudinya belum menerima, secara otomatis maka akan diarahkan komunikasinya ke SMS.

Aplikasi jaringan transportasi online telah banyak membantu konsumen, dan kehadiran fitur chat di dalam aplikasi ini semakin memanjakan konsumen yang kini tidak perlu lagi mengeluarkan pulsa untuk berkomunikasi dengan sopir.

Comments
To Top