Berita

Apple Suntikan Dana Rp 5,2 T ke Pembuat Komponen Face ID

Apple dikabarkan sudah menyuntikan dana segar dengan nilai fantastis kepada Finisar, supplier rekanan yang memproduksi sensor Vertical-Cavity Surface-Emitting Lasers (VCSELs) buat mendukung sistem kamera TrueDepth di iPhone X.

Dilaporkan Streetinsider (via 9to5Mac), jumlah suntikan dana yang diberikan Apple mencapai $390 atau sekitar Rp 5,2 triliun. Finisar bakal menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan biaya riset dan pengembangan, serta kapasitas produksi sensor VCSELs.

Chief Operating Officer Jeff Williams menyampaikan bahwa Apple sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan Finisar yang memiliki teknologi bagus. Dia juga berharap kemitraan tersebut membantu perusahaan lain di AS menjadi manufaktur yang lebih maju.

“Technology is only as good as the people behind it, and Finisar is a company with a long history of putting its employees first and supporting the community it’s a part of. We’re extremely proud that our involvement will help transform another American community into a manufacturing powerhouse.”

Informasi buat kamu, VCSELs adalah komponen utama yang memungkinkan iPhone X mendukung Face ID, Animoji, dan Portrait Selfie. Selain itu, komponen tersebut juga disematkan Apple dalam AirPods di bagian sensor proximity untuk mendeteksi earbud saat dilepas pengguna.

Seusai mendapatkan suntikan dana dari Apple, Finisar dilaporkan bakal membangun pabrik produksi tambahan dengan luas 700 ribu meter kaki di Sherman, Texas. suntikan dana itu juga diharapkan dapat menciptakan 500 lapangan pekerjaan baru, termasuk insinyur, teknisi, dan tim pemeliharaan.

Menurut rencana, pabrik baru tersebut bakal beroperasi pada pertengahan tahun depan. Mengikuti langkah Apple, Finisar berkomitmen untuk mengoperasikan fasilitasnya dengan menggunakan energi terbarukan 100 persen.

Pemberian suntikan dana tersebut kepada Finisar adalah bagian dari komitmen Apple untuk mendukung inovasi dan penciptaan lapangan pekerjaan di perusahaan-perusahaan manufaktur AS dengan nilai $1 miliar. Sebelumnya, Apple juga sudah menanamkan modal sebesar $200 juta di produsen Gorilla Glass, Corning.

Comments
To Top