Apps

aplikasi MagicApp Buatan Rusia Hadir Di App store

Apple baru saja mengumumkan game serta aplikasi terbaik untuk iPhone dan iPad tahun 2017. Di antara para pemenangnya, muncul aplikasi buatan Rusia, yang diberi nama Magic.

Aplikasi ini menggunakan augmented reality. Magic bisa digunakan untuk menutupi muka dengan topeng virtual dan memainkan permainan “Nu, pogodi” (“You just wait”) dengan bantuan emoji untuk mengubah ekspresi wajah.

“Sebelum akhir tahun kami berencana untuk memproduksi fitur lain dalam Magic yang melibatkan grafis 3D dan mungkin memukau semua orang,” kata pendiri proyek itu, Ashot Gabrelyanov, seperti dilansir dari RBTH, Rabu (13/12).

Sementara Gabrelyanov mengungkapkan bahwa teknologi ini adalah perpaduan antara jaringan syaraf tiruan dan augmented reality, namun ia mengaku tidak bisa membicarakan rinciannya sekarang.



Pada Agustus 2016 lalu tim pengembang yang sama merilis aplikasi Borsch untuk mencari hidangan menarik di restoran terdekat.

Sebelumnya, Gabrelyanov bekerja di perusahaan induk New Media dan saluran TV Life News, yang dia tinggalkan untuk menjalankan proyeknya sendiri: membuat platform bagi pengguna video Babo.



Pada 2017 ia meluncurkan MakeApp, yang diharapkan bisa menghapus dan mengenakan make up virtual pada wajah pengguna. Media massa Amerika mengkritik proyek tersebut sebagai seksis dan menyinggung perempuan. Gabrelyanov berjanji akan menuntut Business Insider untuk penghinaan.

Aplikasi Rusia lainnya yang berhasil mencapai puncak di App Store adalah Enlight Videoleap dari perusahaan Lightricks, yang baru dirilis tiga bulan yang lalu. Memberi pengalaman kepada pengguna untuk menunjukkan potensi kreatif mereka, menggunakan instrumen untuk mengedit video di iPhone.

Videoleap dapat digunakan untuk membuat komposisi artistik, memadukan video dan gambar untuk mendapatkan eksposisi ganda dan gaya kreatif, serta menggunakan pengeditan berlapis, misalnya membuat video dengan efek khusus, teks, dan gambar sekaligus.

Comments
To Top