Review

10 Detail Terbaik dari iMac Pro yang Wajib Kamu Tahu

Perangkat iMac Pro menjadi komputer Mac paling cepat yang akan dirilis Apple di akhir tahun 2017. Spesifikasi, info harga dan beberapa review dari kalangan pengguna profesional sudah saya bagikan sebelumnya. Kali ini saya akan membahas beberapa detail menarik yang perlu kamu tahu tentang iMac Pro. Simak info lengkapnya ya!

1. Warna Space Gray

Tidak seperti iMac sebelumnya yang kamu kenal dengan bodi silver, iMac Pro yang memiliki layar 27 inci ini hadir dengan warna Space Gray. Detail warna ini ada di seluruh bagian iMac Pro mulai dari depan, belakang hingga penyangga di bagian belakang.

Bisa dibilang sama dengan warna Space Gray di perangkat iPhone 7 yang pastinya kamu kenal. Apple memang tidak menjelaskan kenapa memilih warna tersebut, namun menurut saya iMac Pro dibuat dalam warna Space Gray untuk membuatnya lebih ikonik dan mudah dikenali.

2. Semua Aksesoris Dalam Warna Gelap

Selain bodi warna Space Gray, iMac Pro juga membawa kelengkapan aksesoris dalam warna yang sama. Mulai dari Magic Keyboard dengan Numeric Keypad dan juga Magic Mouse 2 atau Magic Trackpad 2 yang dapat kamu pilih. Beragam aksesoris ini kabarnya tidak akan dijual Apple dalam paket terpisah, hanya tersedia dalam setiap paket pembelian iMac Pro – tentunya untuk menjaga kesan eksklusif.

3. CPU dan RAM Super Bertenaga

Perangkat iMac Pro hadir dalam beberapa pilihan spesifikasi seperti komputer Mac seri desktop lainnya. Jika sebelumnya iMac menggunakan CPU paling tinggi dalam konfigurasi 8 Core, kini opsi tersebut menjadi konfigurasi paling rendah. Ya, iMac Pro hadir dalam pilihan CPU 8 Core, CPU, CPU 10 Core dan CPU 18 Core!

RAM juga mengalami peningkatan besar. Apple menggunakan spesifikasi RAM 32GB hingga 128GB dengan teknologi 2666MHz DDR4 ECC Memory untuk iMac Pro. Bayangkan saja jika kamu sekarang menggunakan MacBook Air, kapasitas Flash Storage yang selama ini kamu gunakan bakalan sama besar dengan RAM di iMac Pro paling tinggi yaitu 128GB.

4. Tenang, Masih Ada Banyak Port

Perangkat kerja untuk kaum profesional tentunya memerlukan banyak port yang bisa mendukung pekerjaan. Mulai dari USB, Thunderbolt dan beberapa port lainnya. Apple memberikan sebuah port headphone jack, SDXC card slot, 4 buah USB 3.0, 4 buah Thunderbolt 3 (USB Type-C) dan Ethernet.

Dengan port tersebut, kamu bisa menghubungkan iMac Pro ke 2 layar tambahan dengan resolusi maksimal 5K, speaker dengan koneksi jack 3.5mm, beberapa Flash Drive atau Hard Drive dan juga kabel Ethernet untuk koneksi internet hingga 10Gbps.

5. Lubang Angin Ekstra Lega

Karena menggunakan CPU, VGA dan RAM yang sangat bertenaga, pastinya suhu di dalam iMac Pro juga mengalami peningkatan. Hal ini membuat Apple mendesain ulang arsitektur perangkat keras yang ada di dalamnya. Yaitu membuat sirkulasi udara dengan dua buah blower untuk membuat perputaran udara 70% lebih cepat dan peningkatan kapasitas udara yang dapat dibawa hingga 80%.

6. Tidak Bisa Upgrade Hardware

Oke, ini adalah bagian yang paling tidak saya suka dari iMac Pro. Apple kembali membuat komputer desktop dengan konfigurasi hardware yang tidak bisa ditingkatkan. Baik RAM, CPU atau SSD, kabarnya dibuat paten alias tidak bisa diganti untuk upgrade. Bahkan RAM yang sebelumnya bisa dilepas dan ganti dengan mudah jika kamu menggunakan iMac 27 inci generasi sebelumnya, kini tidak dapat lagi dilakukan karena tidak ada akses khusus di bagian belakang.

7. Apple T2 Chip untuk Keamanan

Jika sebelumnya Apple sudah mengenalkan T1 Chip di MacBook Pro Touch Bar sebagai jalur pemrosesan dan langkah enkripsi untuk Touch ID, generasi barunya ada di iMac Pro. Menggunakan nama Apple T2 Chip, hardware baru yang ada di iMac Pro ini dibuat untuk beberapa standar keamanan baru.

Mulai dari mode Secure Boot, External Boot dan beberapa kendali hardware secara aman seperti SSD, audio, System Management Controller dan Image Signal Processor untuk FaceTime Camera.

8. 4 Mikrofon, untuk Hey Siri?

Jika kamu membuka laman spesifikasi untuk iMac Pro, ada catatan bahwa komputer Mac ini menggunakan 4 buah mikrofon. Ya,berbeda dengan iMac generasi sebelumnya yang tidak menjelaskan jumlah mikrofon. Kemungkinan besar Apple membutuhkan mikrofon sebanyak itu untuk menjalankan fitur Hey Siri yang kamu kenal sejak iPhone 6s. Namun dari beberapa catatan sebelum nya, belum ada keterangan bahwa iMac Pro akan mendukung Hey Siri ketika rilis – mungkin perlu Software Update di masa yang akan datang.

9. Kabel Lightning Warna Hitam

Detail berikutnya yang diberikan oleh Apple adalah Lightning Cable dalam warna hitam. Kenapa Apple memberikan Lightning Cable dalam paket penjualan iMac Pro? Jawabannya sederhana, karena perangkat Magic Keyboard dan Magic Mouse 2 atua Magic Trackpad 2 yang diberikan dalam paket penjualan iMac Pro menggunakan port Lightning untuk mengisi baterai di dalamnya.

Tidak sekedar warna hitam biasa, Apple bahkan memberikan detail warna tersebut pada bagian pin konektor di ujung Lightning Cable. Kabel tersebut tidak dijual terpisah oleh Apple ya, sama dengan keyboard, mouse dan trackpad warna hitam yang sudah saya bahas di atas.

10. Harga iMac Pro

Dalam keterangan di laman Apple Newsroom, perangkat iMac Pro akan dijual dengan harga mulai dari $4999 atau sekitar 70 juta Rupiah untuk spesifikasi paling rendah. Konfigurasi yang lebih tinggi seperti CPU 10 Core, RAM 64 atau 128GB dan VGA lebih bertenaga pastinya akan menambah harga iMac Pro.

Karena harga yang tinggi dan spesifikasi super bertenaga, pastinya iMac Pro dibuat untuk pengguna kalangan profesional dengan tuntunan perangkat keras yang dapat melakukan banyak proses secara cepat. Seperti video editor, animator, pengembang aplikasi dan beberapa kegiatan multimedia lainnya.

Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2018 indraupax.com

To Top