Jika dahulu ponsel hanya dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, kini kegunaannya pun sudah bergeser menjadi “perangkat serba bisa” yang memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya.

Saat ini, selain berfungsi sebagai perangkat komunikasi, smartphone juga banyak dimanfaatkan masyarakat untuk membantu menjalankan aktivitasnya, seperti ketika berolahraga, berbelanja online, bermain sebuah permainan hingga melakukan monitoring keuangan.

Advertisement

Berbicara mengenai fungsi smartphone terkait masalah keuangan, smartphone juga dapat digunakan untuk memantau pergerakan harga saham di pasar keuangan. Bahkan, pemantauan perubahan harga saham tersebut juga dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik saja.

Kemampuan tersebut bisa dimiliki oleh smartphone tentunya dengan bantuan berbagai aplikasi. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut beberapa pilihan aplikasi untuk memantau pergerakan harga saham:

IDX Watch

IDX Watch merupakan aplikasi yang bekerja dengan cara menghitung Nilai Wajar (Fair Value) dari saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat menganalisa saham untuk investasi maupun trading.

Aplikasi ini menggunakan pendekatan Value dan Growth dalam perhitunganya. Value Investing melihat kinerja perusahaan di masa lampau untuk menentukan nilai wajarnya, sementara Growth Investing melihat kinerja saham di masa lalu dan memproyeksikan kinerja ke depannya.

Tidak hanya itu saja, IDX Watch juga menyediakan analisa teknikal (Tech Brief) dari beberapa Pakar dan sebuah Forum Diskusi (Discussion) dimana kalian bisa mendiskusikan strategi investasi yang akan kalian lakukan.

Tidak lupa, IDX Watch juga melengkapi layanannya dengan fitur simulasi yang dapat membantu menentukan Nilai Wajar suatu saham jika ada beberapa perubahan indikator ekonomi.

POEMS-ID

POEMS-ID (Philip Online Electronic Mart System – Indonesia) merupakan sebuah aplikasi perdagangan saham seluler dan reksa dana investasi yang dapat diandalkan untuk pasar modal Indonesia. Menggunakan aplikasi ini, kalian bisa melakukan sebuah trading, memonitor portofolio kalian, dan tetap terhubung dengan pasar di mana saja dan kapan saja.

Info Saham Bursa Efek

Aplikasi Info Saham Bursa Efek ini secara update dapat menampilkan pergerakan pasar saham sesuai yang dibutuhkan. Aplikasi ini pun secara otomatif akan terkoneksi dengan BEI dan tidak memerlukan proses registrasi.

Menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui berbagai informasi harga saham, mulai dari statistik harga saham secara real time, indeks saham global maupun regional , informasi saham yang menguntungkan, analisa saham dan masih banyak lagi

MetaTrader 5 merupakan sebuah aplikasi untuk online trading pada bursa valuta asing (Forex) dan pasar saham (Stocks). Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan server broker, menerima harga saham dan nilai tukar, menganalisa pasar finansial dengan menggunakan indikator teknikal, berdagang dan melihat riwayat dari kegiatan trading pengguna.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur lainnya antara lain dapat memberikan analisa mengenai harga saham, informasi gratis terkait konten finansial dan masih banyak lagi.