Opera mengumumkan kerjasama strategisnya dengan Andromax. Melalui kerjasama ini, semua perangkat Andromax dan feature phone 4G akan dilengkapi browser Opera Mini.

Opera sudah lama melihat Indonesia sebagai peluang pasar dengan jumlah pengguna internet yang terus berkembang. Menurut data Tetra Pak Index 2017, saat ini terdapat 132 juta pengguna Internet di Indonesia. Oleh karena itu, teknologi Opera dan penetrasi pasar pembuat Andromax, Smartfren akan saling melengkapi untuk menghadirkan paket digitalisasi lengkap guna menjangkau lebih banyak anggota masyarakat Indonesia.

Advertisement

“Kerjasama dengan Andromax adalah langkah penting bagi Opera karena memberikan akses baru untuk menjangkau lebih banyak pengguna di pasar Indonesia. Kerjasama ini juga akan menjadi awal bagi strategi Opera di Indonesia untuk 2018,” kata Jorgen Arnesen, Global Head of Marketing & Distribution, Opera Software AS.

Arnesen menambahkan, “Pada saat ini, Indonesia adalah basis terbesar kedua pengguna mobile browser Opera di dunia setelah India. Pada 2018, kami berencana mengembangkan mobile browser populer kami, Opera Mini, agar dapat menjawab kebutuhan khusus pasar Indonesia dengan lebih baik dengan cara menyediakan muatan populer lokal relevan dengan memaksimalkan mesin berita berteknologi kecerdasan buatan kami.”

Indonesia adalah salah satu negara pertama tempat Opera meluncurkan mesin berita dengan kecerdasan buatan. Bekerjasama dengan 96 laman penerbit lokal, mesin berita AI Opera ini menggunakan peringkat cerdas real-time, didukung pembelajaran mesin (algoritma GBDT) dan pembelajaran mendalam (Deep Neural Network, DNN), untuk menyajikan berita terbaru dan berwawasan ke pengguna tanpa harus mengaturnya. Semakin sering pengguna terhubung ke saluran berita, semakin banyak tersedia muatan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna di bagian “For You”.

“Opera Mini akan memberikan banyak manfaat besar bagi jajaran smartphone Andromax serta pengguna feature phone. Kami mengharapkan kemitraan jangka panjang dan bermanfaat bersama Opera, terutama dalam rangka menyajikan browser inovatif bagi pelanggan kami sehingga mereka dapat memanfaatkan browser tersebut untuk mencari banyak hal berguna, yang dapat meningkatkan kehidupan mereka,” kata Amit Sethi, Sub Group Head Device Planning, Management & Technology Smartfen.