Fitur Face ID di iPhone X masih menjadi topik yang menarik dibahas. Terlebih kemampuannya untuk dibandingkan dengan teknologi serupa yang ditawarkan ponsel buatan dari pesaing Apple. Misalnya Samsung.

Advertisement

Seperti yang dilakukan Apple Insider baru-baru ini. Mereka mengkomparasikan kemampuan Face ID di iPhone X dengan fitur pengenalan wajah dan pemindai mata (Iris Scanning) di Samsung Galaxy Note 8.

iPhone X seperti kamu tahu hanya dilengkapi dengan satu sensor biometrik yaitu Face ID. Fitur pengenalan tersebut menggantikan pemindai sidik hari Touch ID sebelumnya yang sudah lama diadopsi Apple sejak iPhone 5s.

Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 dilengkapi dengan beberapa pilihan sensor biometrik. Selain dua di atas, ponsel Android tersebut juga mengusung pemindai sidik jari dengan penempatan yang tidak lazim di belakang bodi, tepatnya di sebelah kanan kamera. Sehingga lensa kamera rentan kotor karena jari harus meraba-raba mencari lokasi sensor tersebut.

Meski hanya mengusung satu sensor biometrik untuk otentifikasi membuka layar, kemampuan Face ID jauh di atas Galaxy Note 8. Sebagian besar waktu, Face ID bekerja dengan sangat baik dalam berbagai kondisi cahaya termasuk tanpa cahaya sama sekali. Sehingga sangat terpercaya dan handal dengan kemungkinan dijebol 1:1000.000.

Sementara pengenalan wajah di Samsung Galaxy Note 8 kerap mengalami kegagalan, bahkan di saat gelap. Selain itu, ia sangat mudah ditipu dengan menggunakan foto 2D. Apalagi dengan Iris Scanning, ponsel harus selaku didekatkan ke muka dan lama-lama membuat mata sakit.

Satu kelebihan pemindai wajah dan Iris Scanning di Galay Note 8 adalah pengguna tidak perlu menyapu layar ke atas untuk membuka layar seperti halnya di iPhone X. Layar bakal terbuka begitu proses otentifikasi dilakukan.

Meski begitu, membuka layar iPhone X dengan Face ID terbilang sangat cepat. Saat proses otentifikasi berlangsung, kamu bisa langsung menyapu layar ke atas sehingga tidak jeda saat membuka layar.

Video komparasinya bisa bisa simak berikut ini:



Sebelumnya, SVP of Worldwide Marketing Phil Schiller memberikan komentarnya perihal teknologi pengenalan wajah di ponsel-ponsel Android. Dia menggunakan kata stink untuk menggambarkan betapa buruknya kemampuan teknologi pengenalan wajah dari para pesaingnya tersebut.

Sedangkan Face ID disebutkan merupakan solusi yang memiliki implementasi yang sangat unik. Pengguna pun tidak perlu khawatir mengenai keamanan data Face ID. Apple disebutkan tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengaksesnya.