Smartphone saat ini tidak bisa dilepaskan dari fitur kameranya. Keberadaan kamera di smartphne saat ini pun tidak hanya sebagai pelengkap saja. Vendor smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan smartphone-nya dengan kualitas kamera yang mumpuni.

Kualitas hasil kamera yang ada pada smartphone pun saat ini bisa disejajarkan dengan hasil jeperetan menggunakan kaera DSLR.

Advertisement

Berbagai fitur hasil olah teknologi yang dilakukan oleh pabrikan smartphone yang dibenamkan pada kameranya membuat pengguna mampu menghasilkan gambar yang mempunyai nilai fotografi yang tinggi.

Sebut saja gambar bokeh yang sangat disukai para pelaku fotografi saat ini sudah bisa dilakukan oleh kamera yang menempel pada smartphone.

Dengan beragam kecanggihan yang ada pada kamera smartphone ini, mau tidak mau tren fotografi pun mulai bergeser dari menggunakan perangkat DSLR yang notabene berat dan ribet Karena harus membawa perlengkapan pendukung kini beralih ke smartphone fotografi yang menawarkan simplicity.

Maka tak heran vendor smartphone pun banyak bertarung di segmen ini dengan menghadirkan kualitas kamera unggulannya.

November 2017 ini, pabrikan ponsel asal Shenzen China, Huawei, kembali menghadirkan flagship teranyarnya, Nova 2i. Berbeda dengan pabrikan lain yang masih mengusung dual-camera, Huawei mengambil terobosan luar biasa dengan menghadirkan dukungan empat kamera.

Smartphone dengan dual-camera memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dengan latar belakang blur. Baik fotografer tingkat dewa atau pun newbie, pengguna dapat dengan mudah mengambil gambar berkualitas tinggi. Dengan menggunakan kamera ganda, kita semakin menyadari batasan dari kamera tunggal.

Tetapi jika dual kameranya hanya ada di depan atau belakang saja tentu pengguna smartphone akan kesulitan untuk memilih smartphone mana yang akan dibelinya karena tentunya pengguna mengharapkan hasil yang maksimal baik di kamera depan maupun kamera belakang.

Atas dasar ini, Huawei memanfaatkan kesempatan untuk menghadirkan smartphone dengan dual-camera depan belakang yang dibenamkan pada smartphone terbaru mereka, yakni Nova2i. Pecinta fotografi menggunakan smartphone tidak perlu bingung lagi dalam memilih.

Teknologi yang mumpuni

Smartphone dengan dual kamera memang sudah banyak beredar di Indonesia. Tapi sayangnya kualitas bokeh yang menjadi keunggulan dual kamera pada smartphone yang kebanyakan ada di pasar tidak memuaskan. Misalnya saja hasil bokehnya tidak smooth sehingga nampak tidak realistis (palsu), bahkan ada dual kamerqa tetapi tidak bisa menghasilkan efek bokeh.

Berbeda dengan Huawei Nova2i, hasil bokeh jepretan kameranya terliihat sempurna dan sangat realistis.

Untuk menghasilkan gambar yang berkualitas, Huawei Nova 2i dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 13MP dengan bukaan f/2.0 untuk pemrosesan foto utama dan kamera 2MP dengan 1,75um yang bertugas untuk mendalamkan gambar.

Sedangkan kamera bagian belakang, terdapat kamera dengan resolusi 16MP dan 2MP berbukaan f/2.2 dengan fitur Support Night shot, HDR, Panorama, Light painting, Audio note, Time-lapse, dan lain-lain.

Bagaimana cara kerja quad-camera Huawei Nova 2i? Satu kamera bertugas untuk membuat foto dan kamera lainnya untuk mengaburkan/blur latar belakang.

Dengan menggunakan Huawei Nova 2i, pengguna tidak harus repot untuk mengatur pengaturan kamera terlebih dahulu. Kamera ganda belakang smartphone ini secara efektif mengaburkan latar belakang ketika menjepret orang atau pemandangan. Ambil foto dulu, barulah atur focus serta efek atau pengaturan lainnya.

Bukan sekedar bokeh, dengan fitur wide aperture mode memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih lebar lagi. Tentunya, bagi kalian seorang traveler, fitur ini akan sangat membantu untuk mengambil foto landscape serta mengaplikasikan efek bokeh agar objek foto terlihat lebih mencolok lagi.

Layaknya studio photo

Smartphone terbaru Huawei ini menjadi jawaban bagi kalian yang merasa kesulitan jika mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya. Pencahayaan yang rendah dapat membuat hasil foto menjadi kurang bagus. Walhasil, kalian akan menjadi kurang pede untuk menyebarkannya di media sosial.

Kamera pada Nova 2i ditanamkan dengan teknologi cerdas berkualitas tinggi dari Selfie Toning Flash yang menyediakan soft-light sempurna dalam kondisi gelap.

Dual-camera dan fitur cerdas Selfie Toning Flash akan berkolaborasi untuk mendapatkan gambar yang lebih baik lagi dalam kondisi tanpa cahaya.

Selain itu, kamera Nova 2i didukung dengan software Beauty 4.0, yang memungkinkan kamera dapat mengidentifikasi jenis kelasmin, beautification, video beautification, dan fitur lainnya. Beauty 4.0 ini memiliki 18 efek menarik untuk membuat berfoto selfie menjadi lebih menyenangkan.