Berita

Mengenal Max Born, Sosok Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini menampilkan Max Born, seorang pakar fisika dan matematika yang berkontribusi besar di bidang kuantum mekanik.

Born lahir di Breslau, Jerman (saat ini negara bagian Polandia) pada 11 Desember 1882, Ia memiliki kontribusi besar di bidang mekanika kuantum, cabang ilmu fisika yang mempelajari benda-benda berukuran sangat kecil dalam skala atom dan partikel subatomik.

Born memilki peran penting dalam meurmuskan penafsiran probabilitas fungsi kepadatan dalam persamaan mekanika kuantum Schroedinger. Gagasannya di bidang matematika ini kemudian dikenal sebagai Born Rule menggantikan teori kuantum yang asli.

Teori yang dicetuskannya itu menjadi bagian penting dalam mempelajari dan menerapkan mekanika kuantum yang kemudian melahirkan beragam penemuan canggih seperti komputer pribadi, laser, dan medical imaging devices (IMR).

Born pertama kali mempelajari fisika di Universitas Breslau, Heidelberg dan Zurich. ia mendapatkan gelar profesor agung dalam hal teori fisika dari Universitas Berlin pada 1914.

Di tahun 1919, ia menjadi guru besar di Universitas Gothe Frankfurt dan menjadi profesor di Gottingen pada 1921. Naiknya Partai Nazi pada 193 mendorong Born yang merupakan keturunan Yahudi untuk mengungsi ke Inggris.

Ia kemudian menjadi guru besar di bidang filsafat alam di Universitas Edinburg, Skotlandia yang kemudian membuatnya fokus bekerja di bidang elektrodinamika nonlinear dari 1936 sampai 1953.

Born mendapat penghargaan Nobel fisika tahun 1954 atas penelitian dan interpretasi statisikanya tentang fungsi gelombang. Max Born tinggal di Ediburg, Inggris sebelum pindah ke Jerman Barat dan tutup usia diumur 87 tahun pada 7 Januari 1970.

Comments
To Top