Berita

Apple Segera Tutup Beragam Aplikasi dengan Desain Template

Apple masih terus meningkatkan keamanan dan aturan untuk aplikasi yang beredar di App Store. Kali ini seputar penggunaan desain tampilan dari sebuah aplikasi. Dikutip dari laman Tech Crunch, Apple akan menolak aplikasi yang dibuat dengan template, jika tidak merilis update sebelum 1 Januari 2018.

Apple released updated App Store guidelines that included a new rule allowing it to ban apps created by a “commercialized template or app generation service.”

Masih dikutip dari laman sumber berita, sejumlah pengembang aplikasi tersebut mendapatkan kesempatan untuk merilis update tampilan sebelum 1 Januari 2018. Perbaikan yang tidak berhubungan dengan mengganti tampilan, akan ditolak oleh pihak Apple. Namun sementara layanan yang ada di aplikasi tersebut akan tetap tersedia di App Store, meskipun tidak ada penjelasan batas waktu yang diberikan.

Bagian paling menjadi polemik sebetulnya ada di pihak “korban” dari peraturan baru tersebut. Yaitu para pengembang aplikasi dengan klien para kalangan bisnis skala kecil atau mungkin pengembang internal dari usaha bisnis tersebut. Mereka memilih template desain tersebut karena harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan membuat tim desain atau membayar jasa desain antarmuka tampilan aplikasinya dari awal.

Di sisi lain para penyedia layanan template aplikasi juga menjadi korban yang sama. Salah satunya adalah ChowNow yang dikenal sudah punya banyak pengguna di kalangan aplikasi restauran atau order makanan. CEO ChowNow bahkan menjelaskan bahwa aplikasi mereka dibuat dengan Native Code dan jauh lebih stabil dibandingkan aplikasi buatan layanan restauran besar lainnya yang masih menggunakan mobile web pada beberapa bagian. Pihak ChowNow masih mencoba berkomunikasi dengan Apple sedangkan saingannya yaitu Shoutem memilih untuk mundur dan mengakhiri layanan mereka.

Comments
To Top