Tips & trik

3 Tips Penting yang Harus Diperhatikan Saat Harbolnas

Event tahunan bagi para penggila belanja akan segera tiba. Hari belanja online nasional atau Harbolnas yang rutin digelar setiap 12 Desember akan banyak menyita perhatian masyarakat. Baik yang bertindak sebagai pembeli maupun pedagang. Mereka memanfaatkan berbagai platform E-Commerce untuk merayakan pesta belanja online.

Namun jika Anda merupakan pembeli yang mengincar barang-barang impian dengan harga miring di situs-situs belanja, ada baiknya memperhatikan beberapa hal terkait keamanan. Ini tentu agar momen Harbolnas dapat berlangsung aman dan nyaman.

Saat ini ada banyak sekali situs-situs berbelanja yang dapat dikunjungi, baik platform lama dan berpengalaman hingga platform baru yang terus bermunculan. Dalam event akbar Harbolnas ini, para penyedia jasa situs belanja berlomba-lomba menyajikan diskon dan penawaran menarik. Untuk mendapatkan barang yang sesuai keinginan, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Jangan Mudah Tergiur Harga Miring

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan mudah tergiur dengan potongan harga yang tidak masuk akal. Jika harga yang ditawarkan sangat jauh dari harga pasaran normal, Anda patut curiga. Mungkin saja barang itu adalah barang palsu atau tiruan yang kualitasnya tidak sama dengan yang original. Periksa detail dan rincian barang sebaik mungkin.

2. Jangan Bertransaksi di Luar Situs

Perhatikan syarat dan ketentuan berbelanja di setiap marketplace. Situs yang baik dan terpercaya biasanya akan memberikan pelanggan jaminan transaksi yang jelas. Data dan pembayaran pelanggan akan masuk ke suatu sistem dan terverivikasi dengan rinci hingga barang benar-benar sampai ke tangan pelanggan. Jangan mau membayar jika mengarah keluar dari transaksi situs apalagi sampai meminta data penting seperti identitas atau nomor rekening.

3. Jangan Terpaku Hanya di Satu Situs Belanja

Yang tak kalah penting, yakni saat momen Harbolnas ini biasanya hampir seluruh platform belanja online akan menjual produk yang sama. Artinya, barang yang dijual di situs satu dengan yang lain akan memiliki kesamaan. Jadi pastikan Anda tidak terpaku hanya pada satu situs saja. Jelajahi situs yang lain, bandingkan tawaran yang diberikan, detail dan perincian produknya serta jaminan keamanan yang diberikan. Jangan lupa baca terlebih dulu soal kebijakan dan ketentuan yang ditawarkan. Pastikan Anda sudah benar-benar berada pada situs belanja yang dapat dipercaya.

Dengan menerapkan tiga prinsip tersebut, setidaknya konsumen akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Momen Harbolnas pun dapat berlangsung aman dan nyaman. Bijaksanalah dalam berbelanja, pastikan barang-barang tersebut benar-benar Anda butuhkan, sehingga tidak hanya menuruti nafsu dan tergiur diskon saja.

Comments
To Top