CUPERTINO – Jony Ive, eksekutif Apple kini kembali mengambil alih manajemen desain produk perusahaan. Sebagaimana diketahui, Ive merupakan sosok dibalik desain beragam produk besutan Apple termasuk iPhone.

Advertisement

Ive yang kini berusia 50 tahun itu mulanya dinobatkan sebagai desainer utama Apple pada 2015. Namun kemudian ia mengalihkan tanggungjawabnya karena membangun Apple Park baru di Cupertino. Markas Apple itu pun kini telah selesai.

“Dengan selesainya Apple Park, para pemimpin dan tim desain Apple kembali dipimpin Jony Ive, yang tetap fokus hanya pada desain,” kata Amy Bessette, juru bicara perusahaan dalam sebuah pernyataan.

Selama Ive terlibat dalam merancang kampus ruang angkasa milik Apple itu, pengelolaan tim hardware dan software perusahaan dipimpin oleh Alan Dye dan Richard Howarth, yang berkoordinasi langsung dengan Chief Executive Officer Tim Cook. Kini Ive kembali dan akan mengelola tim secara langsung.

Sebelumnya Ive memimpin tim desain Apple pada 1996, sebelum Steve Jobs kembali ke perusahaan karena di ambang kebangkrutan.

Selama dua dekade terakhir, berbagai desain karya Ive mulai dari desktop iMac pada 1998 hingga iPod pertama 2001 dan iPad 2010, telah menjadi faktor penting dalam pertumbuhan Apple menjadi perusahaan publik yang paling berharga di dunia.

Pada 2012, setahun setelah menjadi Tim Cook menjadi CEO, Ive juga dinobatkan sebagai perancang software rancangan perusahaan. Demikian seperti dilansir Bloomberg, Minggu (10/12/2017).