Tips & trik

Lakukan Cara Ini Tuk Tangkal Gagal Download di IDM

Sangat disayangkan jika kita sedang men-download file lewat IDM lalu gagal. Apalagi download-nya menggunakan kuota data, tentunya akan membuat jengkel.

Biasanya download yang gagal terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil. Trik ini akan sangat membantu jika kalian ingin men-download file yang ukurannya cukup besar di IDM.

Trik Menghindari Gagal Download IDM

1. Atur Koneksi Download

Koneksi internet di negara kita belum begitu stabil, kemungkinan terbesar inilah dalang dari gagalnya download.  Jika kalian memiliki koneksi internet yang tidak stabil, iktuilah cara dibawah ini.

• Buka Internet Download Manager di PC, lalu pergi ke menu Download – Option.

• Selanjutnya, buka tab Connection.

• Jika sudah, kalian akan melihat pilihan Default max, conn, dan Number. Pilihan berisi beberapa angka didalamnya, yaitu 8, 16, 24, dan 32.

• Pilihlah angka tersebut sesuai dengan kecepatan rata-rata internet kalian. Kalau kecepatan internet lebih dari 1Mbps, maka pilihlah angka 32. Kalau kurang dari 500 Kbps, maka pilihlah angka 24. Kalau kurang dari 300 Kbps, pilihlah angka 16. Dan jika kurang dari 100 Kbps, pilihlah angka 8.

• Angka yang semakin kecil, akan meminimalisir terjadinya gagal ketika kalian sedang melakukan download.

2. Matikan Antivirus

Matikanl antivirus di PC, jika file yang kalian download berasal dari sumber yang tidak dipercaya. File-file seperti ini biasanya mengandung virus, dan antivirus di PC akan men-scan file tersebut. Dan proses tadi akan membuat download kalian gagal.

Jika file sudah selesai di-download, kalian bisa aktifkan kembali antivirus-nya. Tetapi, lebih baik untuk men-download file dari sumber yang terpercaya saja untuk menjaga-jaga agar PC tidak terkena virus.

Itulah dua trik yang dapat kalian lakukan untuk menghindari gagal download menggunakan Internet Download Manager.

Comments
To Top