Xiaomi Mi Note 3 merupakan salah satu dari flagship Android rilisan Xiaomi yang memiliki desain sama, namun lebih besar dari Mi 6. Meski tidak menggunakan chipset Snapdragon 835 seperti saudaranya, Xiaomi menyematkan modul kamera yang sama pada Mi Note 3.

Advertisement

Kamera utama Xiaomi Mi Note 3 menggunakan dua kombinasi lensa yang berbeda; normal serta 2x zoom atau yang biasa disebut dengan lensa telephoto. Keduanya beresolusi 12 Megapixel, dengan bukaan masing-masing f/1.8 dan f/2.6. Lalu bagaimana dengan hasil fotonya? Baru-baru ini, website benchmarking kamera smartphone DxOMark telah merilis skor keseluruhan dari hasil kamera Mi Note 3.

Meraih nilai keseluruhan 90 poin, Xiaomi Mi Note 3 berhasil mengimbangi skor dari Google Pixel serta HTC U11. Di atasnya ada iPhone 8 yang meraih skor 92 poin serta Galaxy Note 8 dengan 94 poin, sedangkan di bawahnya ada iPhone 7 Plus dan iPhone 7 yang meraih skor masing-masing 88 dan 85. Untuk ukuran flagship dengan harga yang lebih terjangkau, skor yang diraih Mi Note 3 bisa dibilang impresif.

Skor total 90 poin diraih dari skor foto 94 poin dan skor video 82 poin. Jika dilihat dari skor fotonya saja, Mi Note 3 bahkan sanggup mengungguli iPhone 8 satu poin. DxOMark memuji kemampuan autofocus-nya yang cepat, akurat serta reliabel, dengan tingkat exposure yang pas. Kemampuan zoom foto dari lensanya juga dianggap bagus, ditambah algoritma noise reduction yang pas, kecuali pada beberapa kondisi di cahaya terang yang terkadang memunculkan area berbayang pada foto.

Lensa sekundernya yang menawarkan 2x optical zoom juga disebut dapat menghasilkan foto dengan detil yang cukup, baik outdoor maupun indoor. Efek bokeh yang dihasilkan juga akurat dan enak dipandang, lebih baik dari smartphone lain dengan harga yang sama.

Sedangkan untuk hasil perekaman video, Mi Note 3 masih memerlukan beberapa perbaikan. White balance cenderung akurat, dengan efek stabilitas video yang efektif berkat hadirnya OIS, dan autofocus tracking yang berfungsi baik. Hanya saja DxOMark menyebutkan jika tingkat ketajamannya cenderung naik turun, terutama saat kondisi kurang cahaya, serta frame drop yang tidak jarang terlihat.