Tips & trik

Fastboot Android adalah Solusi Mudah Recovery

Dalam dunia ponsel, fastboot Android adalah salah satu istilah yang sering digunakan. Istilah ini biasa digunakan ketika teknisi ponsel mendapati adanya masalah pada ponsel. Sebagai pengguna ponsel, kamu juga perlu mengetahui istilah fastboot ini. Dengan mengetahuinya, kamu bisa melakukannya sendiri ketika menghadapi masalah pada ponsel.

Berikut ini merupakan informasi yang harus kamu tahu mengenai fastboot pada ponsel berbasis Android.

Fastboot Android adalah protocol

Fastboot didefinisikan sebagai salah satu protokol untuk memodifikasi ulang pada partisi ponsel pintar atau flash. Untuk melakukan proses fastboot, kamu memerlukan tool atau alatnya tersendiri yang mempunyai nama Android SDK.

Kegunaan dan manfaat

Salah satu dilakukannya fastboot adalah untuk recovery system ketika ponsel mengalami bootloader. File system yang mungkin telah hilang atau rusak pada ponsel kamu bisa dibenahi dengan sistem ini.

Dalam kata lain, metode ini merupakan metode alternative bagi kamu yang ingin melakukan recovery, install maupun pembaruan software. Namun umumnya, proses ini akan membantu kembalinya aplikasi atau proses firmware tanpa recovery keseluruhan ponsel.

Penggunaan

Cara penggunaan fastboot Android adalah dengan menggunakan PC. Biasanya, admin akan mengirimkan perintah untuk melakukan fastboot ini. Koneksi USB diperlukan untuk bisa memproses fastboot ini.

Informasi tambahan

Sebelum melakukan hal ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua ponsel pintar memiliki fitur untuk bisa dilakukan fastboot. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk melakukannya, kamu bisa memeriksa ketersediaan mode fastboot pada ponsel pintar kamu.

Kemudian, kamu juga perlu memperhatikan mode fastboot pada ponsel kamu. Meskipun ponsel memiliki mode fastboot, kamu perlu mengecek lebih lanjut apakah mode tersebut default atau perlu diaktifkan terlebih dahulu.

Kamu juga perlu memperhatikan tools yang akan kamu gunakan. Biasanya, berbeda merek ponsel memiliki kompatibilitas yang berbeda pula. Kamu juga perlu memahami mengenai perintah yang harus kamu berikan untuk menjalankan fastboot ini. Karena jika ada kesalahan dalam command, maka flash bisa gagal.

Jika kamu memang merasa membutuhkan proses fastboot, kamu perlu perhatikan dengan benar hal-hal di atas. Karena pada dasarnya fastboot Android adalah metode untuk memperbaiki sistem ponsel, maka kehati-hatian perlu diprioritaskan.

Comments
To Top