Tips & trik

Cara Scan Dokumen Menjadi Teks dengan Smartphone Xiaomi

Smartphone Xiaomi mempunyai satu aplikasi yang cukup bermanfaat untuk pengguna kantoran atau yang banyak terlibat dengan dokumen atau semacamnya, yaitu aplikasi Scanner yang secara default tersedia di dalam smartphone seperti halnya Screen Recorder.

Nah, di tutorial ini saya akan tunjukkan bagaimana caranya scan dokumen fisik entah itu surat, buku atau bahkan halaman web menjadi teks yang bisa diedit, disalin dan dicetak kembali.

Buka folderTools kemudian tap aplikasi Scanner.

Arahkan kamera ke dokumen yang ingin disalin, pastikan semua permukaan tertangkap dengan sempurna, tidak harus berada di dalam kotak putih. Jika sudah pas, tap tombol shutter.

Setelah dijepret, tap Adjust untuk menyesuaikan jendela tangkapan.

Di langkah ini baru Anda sesuaikan lagi tangkapan kamera, tentu sesuaikan dengan teks yang ingin disalin.

Setelah pas, tap menu OCR untuk mengubah hasil scan menjadi teks yang bisa disalin dan diedit ulang.

Seperti ini hasilnya, dokumen sudah berhasil diubah menjadi teks. Selanjutnya aplikasi menawarkan dua opsi lanjutan, menyalin teks untuk disisipkan ke aplikasi dokumen atau catatan. Kedua, mengirimkan teks ke aplikasi Note yang tersedia di smartphone Xiaomi.

Cukup mudah, dan ternyata bisa, scan dokumen fisik dan mengubahnya menjadi teks. Dengan fungsi ini, Anda tidak perlu lagi scanner konvensional yang harganya cukup mahal.

Comments
To Top