Yang namanya manusia pastinya tidak luput dari yang namanya kesalahan. Contohnya, kamu tanpa sengaja menghapus file penting yang ada di smartphone kamu. Pastinya kamu langsung panik dan bingung, apa lagi jika tidak ada file backup yang kamu simpan di laptop ataupun smartphone lainnya.

Beruntunglah kamu yang mengalami hal yang tidak mengenakkan seperti itu, karena ternyata kamu bisa lho mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus tersebut. Caranya juga cukup mudah kok. Kamu hanya harus men-download aplikasi recycle bin di Android.

Cara Mengaktifkan ‘Tong Sampah’ di Android

Berterima kasihlah kepada aplikasi recycle bin Android bernama Dumpster yang bisa kamu download di Google Play. Karena dengan aplikasi ini, kamu dapat mengembalikan file yang telah kamu hapus di smartphone kamu. Inilah cara bagaimana mengembalikan file terhapus lewat aplikasi Dumpster.

Setelah kamu download Dumpster, jika kamu seccara tidak sengaja menghapus file di smartphone, kamu hanya tinggal buka aplikasi tersebut.

Tunggu hingga aplikasi Dumpster selesai memindai memori kamu sampai menemukan file yang telah terhapus.

Setelah file yang telah kamu hapus berhasil dipindai, tekan file yang ingin kamu kembalikan.

Pilih Restore.

File yang telah kamu hapus sudah kembali ke smartphone Android kamu.

Nah, itulah cara bagaimana mengaktifkan recycle bin di Android. Kamu juga bisa meng-upgrade** Dumpster ke versi premium** dengan beberapa fitur tambahan lho, seperti menghilangkan iklan, ubah tampilan Dumpster kamu, dan fitur mengunci aplikasi ini agar tidak ada orang lain yang bisa mengakses aplikasi ini.