Apakah saat ini ponsel android mulai melambat ? Disini Saya akan mencoba untuk memberikan kamu 5 cara untuk mempercepat kinerja Android. Ponsel android yang lambat memang salah satu kendala yang dapat menghalangi kegiatan yang kamu lakukan pada ponsel android.

Ponsel Android adalah ponsel yang saat ini paling populer, bahkan dalam kontrol 64% dari pengguna smartphone di dunia. Popularitas Android berkat dukungan dari ribuan aplikasi serta kualitas permainan. Sehingga pengguna bebas untuk men-download dan menginstal permainan atau aplikasi yang di inginkan. Tentu hal ini mempengaruhi kinerja Android, karena banyaknya jumlah aplikasi atau permainan yang diinstal dapat memperlambat kinerja ponsel android.

Advertisement

Aplikasi atau permainan memang telah menjadi faktor utama mengapa android menjadi lambat, jumlah penggunaan memori cache dan ram yang menjadi alasan utama. Untuk mempercepat kinerja ponsel Android yang sudah lambat, karena banyak aplikasi yang diinstal adalah sebagai berikut:

1. membersihkan Cache secara teratur

Cache log adalah sebuah file aplikasi atau permainan yang telah tersimpan otomatis. Cache ini menyimpan sejarah Pengaturan permainan atau aplikasi. Lebih dan lebih banyak aplikasi dan permainan yang dibuka kemudian tersimpan di cache, maka kinerja Android semakin lambat.

2. Menghapus instalan aplikasi yang tidak terpakai

Perangkat Android telah terbatas kapasitas memori, terutama perangkat memori internal android. Membersihkan dengan memindahkan file gambar ke perangkat komputer, atau menghapus aplikasi yang jarang di gunakan untuk aplikasi default Android memang tidak dapat dihapus, tapi dapat di nonaktifkan atau melakukan root adalah cara alternatif.

3. mengurangi widget dan Live wallpaper tidak penting

Dengan widget kamu akan mendapatkan informasi dan pemberitahuan tanpa perlu membuka aplikasi. Namun, kami menyarankan agar kamu membatasi penggunaan widget. Terlalu banyak widget akan menguras baterai dan membuat kinerja android melambat.

4. Upgrade Sistem Android

Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja Android adalah mengupdate atau mengupgrade sistem android dengan baik besar atau kecil. kamu hanya perlu pergi ke menu Pengaturan > tentang telepon > pembaruan sistem.

5. Rooting serta peningkatan penyimpanan internal

Langkah yang paling efektif adalah dengan melakukan modifikasi dengan cara root android. Untuk melakukan ini, kamu harus memahami cara yang benar dan risikonya. Jika Anda tidak mengerti root lebih baik jangan dilakukan.

Itulah beberapa cara yang dapat mempercepat kinerja smartphone android yang kamu miliki.


semoga bermanfaat