Tips & trik

Ini Dia Hal-Hal yang Menjadi Penyebab Blue Screen

Untuk kamu yang sedang mencari tahu mengapa terjadi blue screen, ada banyak faktor yang menjadi penyebab blue screen.

Kamu perlu mengetahui apa saja penyebab terjadinya layar yang menjadi biru keseluruhan dengan tulisan putih ini. Jika kamu bisa mencari tahunya, kamu bisa menemukan solusinya.

Jika kamu pemula dalam hal seperti ini, informasi mengenai pengertian blue screen akan dijelaskan terlebih dahulu. Blue screen merupakan suatu kondisi kerusakan system yang berhenti dan menampilkan layar yang hanya berwarna biru.

Hal ini bisa terjadi pada komputer biasa, PC maupun laptop. Uniknya, blue screen atau yang biasa dikenal dengan blue screen of death (BSoD) ini merupakan kerusakan yang hanya terjadi pada Windows.

Penyebab Blue Screen

Berikut ini daftar penyebab terjadinya layar biru pada Windows.

Rusaknya Driver

Jika driver yang kamu install tidak cocok dengan program Windows atau hardware system, maka bisa menjadi penyebab utama terjadinya BSoD.

Biasanya, driver digunakan agar system Windows mengenali perangkat keras yang akan digunakan melalui komputer.

Pesan error pada screen jika penyebab blue screen adalah rusaknya driver yaitu menggunakan kode 0X0000000A. kamu juga bisa melihat pesan yang menyebutkan driver_failure pada screen. Jika terdapat pesan ini, berarti driver kamu bermasalah.

Kerusakan RAM

RAM atau Random Access Memory juga bisa menjadi pemicu terjadinya blue screen. Untuk mendeteksi bahwa RAM kamu sebagai internal memori merupakan faktor utama pada komputer, kamu perlu memperhatikan pesan error pada layar biru tersebut.

Jika terdapat pesan yang kira-kira menyatakan data_bus_error atau corrupt pada pen_list, maka RAM menjadi sebab terjadinya layar biru.

Komputer terlalu panas

Kamu pasti tidak mengira jika penggunaan komputer yang terlalu lama bisa menyebabkan komponennya panas yang mampu memicu terjadinya blue screen.

Jika salah satu komponen komputer penting terlalu panas, maka blue screen bisa saja terjadi. Kode 0X0000007F menjadi kode pesan error yang akan membuatmu paham jika mesin komputer menjadi penyebabnya.

Dengan mengetahui informasi diatas, diharapkan kamu lebih berhati-hati dalam menggunakan komputer maupun laptop untuk menghindari layar biru.

Jika hal itu terjadi, pastikan kamu paham penyebab blue screen agar bisa menemukan cara memperbaikinya.

Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top