Anak-anak terkadang memasang aplikasi di smartphone tanpa ketahuan orangtuanya. Sebagian orangtua mungkin memantau anaknya, tapi ada juga yang tidak sempat. Bagi Anda yang tidak sempat, sebetulnya Google telah menyematkan fitur agar anak Anda lebih aman dalam memasang aplikasi.

Advertisement

Fitur ini disebut parental control atau pengawasan orangtua, dengan cara membatasi aplikasi yang yang disajikan oleh katalog aplikasi Google Play Store. Play Store hanya akan menyajikan aplikasi yang sesuai dengan usia penggunanya.

Berikut ini saya merangkum langkah mudah Anda mengaktifkan fitur parental control di perangkat Anda atau milik anak.

1.Cari pengaturan di Google Play Store

Pertama, buka layanan Google Play Store di aplikasi Anda. Untuk mengaktifkan fitur parental control Anda harus mengakses pengaturan layanan Play Store.


Saat Anda sudah membuka layanan Play Store, pilih ikon yang berada sudut kanan atas tampilan layanan. Nantinya akan muncul kolom menu di bagian sisi kanan layar. Geser menu tersebut ke bawah hingga menemukan menu pengaturan lalu pilih menu tersebut.


2. Cari menu pengaturan fitur parental control

Setelah Anda masuk ke menu pengaturan maka kini Anda harus mencari menu selanjutnya untuk mengaktifkan fitur parental control.


Dalam halaman pengaturan atau setting Anda cukup menggeser pilihan menu ke bagian bawah hingga menemukan pilihan menu bertuliskan parental control untuk mengaktifkannya.


3. Cara mengaktifkan fitur parental control

Fitur ini keadaannya belum aktif. Untuk mengaktifkannya Anda akan diminta memasukkan kombinasi PIN. PIN ini akan untuk mengunci fitut tersebut sehingga tidak bisa dinonaktifkan oleh si anak.


Jika sudah maka Anda bisa memilih pengaturan aplikasi dan game yang tertera di halaman parental control. Jika Anda memilih menu ini maka akan ada pilihan untuk menampilkan aplikasi sesuai kategori usia pengguna.