Tips & trik

Tips, Trik & Shortcut terkait 3D Touch untuk iPhone

Apakah Anda memiliki ponsel iPhone yang beroperasi dengan iOS 10 atau iOS 11? Jika ya, maka beberapa tips dan trik di bawah ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mengoptimalkan penggunaan fitur teknologi layar 3D Touch yang sangat sensitif terhadap tekanan.

3D Touch adalah fitur baru yang sangat menarik untuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, dan juga merupakan fitur tambahan yang sangat baik untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Fitur ini kurang lebih merupakan teknologi layar yang sensitif terhadap tekanan, sama dengan yang hadir di di perangkat Apple Watch dan Apple Watch Series 2 (dengan nama Force Touch), namun saat jam tangan Anda hanya dapat membedakan antara dua tingkat tekanan – ketukan standar dan Force Tap yang lebih keras – 3D Touch yang hadir di ponsel iPhone 6s dan iPhone 7 menawarkan tiga tingkat tekanan, yang pastinya akan membuka potensi besar untuk fitur antarmuka baru.

3D Touch diaktifkan secara default pada iPhone 6s atau yang lebih baru milik Anda, namun Anda dapat mengoprek beberapa pengaturan atau bahkan mematikannya dengan membuka Pengaturan> Umum> Aksesibilitas, sapu ke bawah ke kelompok pilihan keempat yang tidak berlabel, dan ketuk 3D Touch. Dari situ, atur tingkat kepekaan aplikasi ini dan setelah Anda siap, beralihlah ke slide berikutnya dan mulai mengeksplorasi rangkaian fitur baru dari aplikasi ini.

Pusat Kendali di iOS 11


Pusat Kendali di iOS 11 kini telah mendapat perombakan yang layak. Selain Anda dapat mengatur apa saja yang muncul di dalamnya, Anda juga dapat menggunakan 3D Touch untuk membuka opsi-opsi tambahan.

Tekan dengan kuat pada beberapa opsi dan dan Anda akan melihat menu popup yang berisi beberapa aksi cepat tambahan. Beberapa lainnya akan membuka aplikasi yang relevan. Cobalah bermain-main dengannya sampai Anda terbiasa.

Telepon, FaceTime, Pesan


Buka layar utama Anda dan tekan lebih keras (bukan sekedar mengetuk atau menekan biasa) pada ikon untuk Telpon, maka Anda akan melihat sebuah menu mini muncul, menawarkan kemampuan untuk menelpon salah satu kontak yang sering Anda hubungi, atau untuk membuat kontak baru.

Lakukan sentuhan 3D Touch pada ikon aplikasi FaceTime atau Messages dan Anda akan melihat popup serupa yang berisi daftar teman yang baru saja atau sering dihubungi – sarana yang sangat membantu dimana Anda dapat langsung menghubungi seseorang yang dekat dengan Anda tanpa perlu masuk ke aplikasi , mencari melalui kontak dan seterusnya.

Unduhan prioritas


Sejak peluncuran iOS 10, Anda bisa menetapkan urutan aplikasi yang diunduh jika Anda hendak menginstal lebih dari satu unduhan sekaligus. Lakukan tekanan keras 3D Touch pada ikon aplikasi yang tengah diunduh dan pilihan Prioritaskan Unduhan akan muncul.

Rincian cuaca


Cuaca mendapat shortcut baru dari layar utama – lakukan 3D Touch untuk melihat rincian lebih lanjut tentang kondisi cuaca saat ini dan masa depan.

Kamera


Tiga aplikasi komunikasi utama milik Apple (selain Mail) menawarkan penggunaan paling dasar dari fitur shortcut 3D Touch, namun banyak aplikasi Apple lainnya memiliki padanannya sendiri. Versi untuk aplikasi kamera mungkin adalah yang paling berguna.

Aplikasi ini memiliki menu mini yang memungkinkan Anda melompat langsung ke foto normal, video atau selfie, atau bahkan video slow-mo. Momen foto penting tidak akan pernah terlewatkan lagi.

Shortcut untuk langsung beralih ke aksi aplikasi


Ikon App Store memungkinkan Anda langsung menuju penelusuran aplikasi, dan aplikasi iBooks melakukan hal yang serupa. (iTunes Store anehnya saat ini tidak menawarkan hal ini, tapi mudah-mudahan ini hanya masalah waktu.) Mail, alih-alih menawarkan shortcut ke kontak tertentu, ia memungkinkan Anda melompat ke inbox individu (atau memulai pesan baru). Safari memungkinkan Anda membuka tab baru, atau tab Pribadi baru, atau beralih ke Daftar Bacaan Anda.

Coba tekan ikon aplikasi apa pun untuk melihat apakah ada menu mini 3D Touch di dalamnya. Salah satu yang sangat berguna adalah Apple Maps, yang menu shortcut-nya mencakup opsi untuk memperoleh petunjuk arah ke rumah. Google Maps saat ini tidak memiliki menu 3D Touch, satu hal yang menguntungkan Apple Maps untuk sementara waktu.

Peek and Pop untuk melihat sekilas dokumen tanpa membukanya


Aspek 3D Touch yang paling banyak dibahas pada peluncuran iPhone 6s adalah sepasang fitur terkait yang disebut Peek and Pop. Fitur ini memungkinkan Anda melihat konten email, dokumen, halaman web, peta arah atau tautan lainnya, tanpa kita masuk ke aplikasi yang dimaksud. Anda kemudian dapat memilih untuk ‘Pop’ (membuka) item di aplikasi yang relevan jika Anda ingin tahu lebih banyak.

Contohnya adalah di Mail. Anda bisa menekan lebih kuat sebuah email, maka pratinjau pesan email itu akan muncul dan kita dapat melihatnya tanpa harus benar-benar membukanya secara penuh. Anda bisa membuka secara penuh email itu dengan memberikan tekanan lebih kuat lagi, atau Anda dapat melepaskan ibu jari atau jari Anda untuk menutup pratinjau dan kembali ke layar tempat Anda berada sebelumnya.

Demikian adalah beberapa tips dan trik berkaitan dengan Shortcut 3D Touch untuk iPhone. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan.

Comments
To Top