Setelah gelaran hari belanja Black Friday di kawasan Amerika Utara, ada gelaran belanja susulan yang disebut Cyber Monday awal pekan ini. Total penjualan produk selama gelaran belanja online tersebut diproyeksikan mencapai $6,59 miliar.

Advertisement

Berdasarkan data analitik yang dirilis Adobe (via 9to5Mac), iPad dan AirPods tercatat masuk di antara perangkat-perangkat mobile yang paling laris dibeli konsumen selama Cyber Monday yang digelar beberapa hari lalu.

Best-selling electronics include Google Chromecast, Apple iPads, Samsung Tablets, Apple AirPods, and Sony Playstation VR. Video games and consoles include Super Mario Odyssey, Nintendo Switch and Microsoft Xbox One X. Toys include PJ Masks and Hatchimals & Colleggtibles, Funko Pop and L.O.L. Surprise dolls, as well as Ride On Cars.

Selama periode tersebut, pembelian online lewat perangkat mobile memecahkan rekor penjualan online dengan kenaikan jumlah kunjungan mencapai 47,4 persen dan pendapatan sebesar 33,1 persen. Transaksinya meningkat 12 persen dibandingkan dengan Cyber Monday di tahun sebelumnya.


Adapun untuk pembelian smartphone, pengguna iOS dalam data yang sama tercatat menghabiskan pengeluaran lebih banyak dibandingkan pengguna Android. Perbandingannya $123 melawan $110.

Adobe memprediksikan total pendapatan dari penjualan online di musim liburan akhir tahun sejauh ini yang dimulai 1–27 November lalu sudah mencapai $50 miliar, atau naik sebesar 16,8 persen. Musim liburan akhir tahun ini juga diprediksi bakal memecahkan rekor penjualan online sebesar $100 miliar untuk kali pertama.

Sebelumnya, penjualan iPhone X juga sukses selama gelaran Black Friday. Di hari belanja tahunan tersebut, Apple menjual sebanyak 6 juta unit iPhone X. Sangat mengesankan di mana penjualan iPhone mencapai jutaan unit dalam satu hari.