Mengendalikan komputer Mac dengan menggunakan gerakan tangan (gesture) di masa depan sepertinya bukan lagi sekadar impian. Pasalnya, Apple sudah mengantongi paten baru mengenai hal tersebut.

Advertisement

United States Patents and Trademark Office (USPTO) baru saja mengesahkan sebanyak 69 paten baru milik Apple. Salah satu paten yang menarik perhatian adalah terkait dengan penggunaan gerakan tangan untuk mengontrol komputer Mac.

Perusahaan asal Israel, PrimeSense yang diakuisisi Apple pada 2013 lalu disebutkan berada di balik pengajuan paten baru tersebut. Teknologi dalam paten ini menggunakan sistem kamera TrueDepth yang mendukung Face ID seperti di iPhone X.

Dilansir dari Patently Apple, paten baru tersebut menjelaskan soal metode yang dipakai komputer yang menjalankan antarmuka 3D non-peraba. Komputer tersebut dilengkapi dengan sensor penginderaan, sehingga bisa mendeteksi berdasarkan kumpulan koordinat 3D saat tangan digerakan.

The invention covers a method, including receiving, by a computer executing a non-tactile three dimensional (3D) user interface, a set of multiple 3D coordinates representing a gesture by a hand positioned within a field of view of a sensing device coupled to the computer.

Adapun gesture-gesture yang didukung komputer yang menjalankan antarmuka 3D tersebut adalah seperti mendorong, melambaikan tangan, mengangkat tangan, dan lainnya. Metode ini mirip seperti teknologi yang dimiliki Microsoft Kinect buatan PrimeSense.


Kehadiran paten ini mengindikasikan bahwa komputer Mac bakal segera mendukung fitur keamanan Face ID di masa mendatang. Sebelumnya fitur lain dari iPhone yaitu Touch ID sudah disematkan di komputer Mac. Jadi fitur keamanan baru dengan wajah bukan tidak mukan bakal menyambangi komputer Mac.

Pengguna komputer Mac tentunya suka cita dengan hadirnya paten ini. Kendati demikian, tidak diketahui pasti kapan Apple bakal mengimplementasikan teknologi dalam patennya sendiri. Jadi kita nantikan saja.