Video

Video Ini Ungkap Kelemahan FaceID dengan Topeng

Sistem keamanan terbaru yang diungkap oleh Apple lewat iPhone X merupakan sistem keamanan terbaru yang menggunakan deteksi wajah. Apple mengklaim sistem keamanannya ini sangat aman karena menggunakan sistem deteksi 3 dimensi. Meski begitu, tetap saja ada celah untuk membobolnya.

Ini bukan pengalaman pertama kali ketika ada orang yang berusaha membuka kunci perangkat iPhone X dengan topeng. Tapi sekali lagi, ini membuktikan bahwa sistem keamanan ini tidak sebaik yang disebut-sebut oleh Apple.

Sedikit perdebatan mengenai video ini, dimana beberapa klaim menyebutkan bahwa ketika melakukannya fitur “Require Attention” tak diaktifkan. Sehingga, Anda tetap butuh pembuktian lebih lanjut. Nah, perusahaan yang membuat Video ini merupakan perusahaan keamanan asal Vietnam, Bkav, dimana mereka telah mengunggah video terbaru dengan topeng baru yang dibuat dengan material berbeda, gambar 2D infrared pada mata disematkan, dan juga fitur “Require Attention” diaktifkan.

Bagi yang belum mengenal fitur “Require Attention”, adalah lapisan tambahan keamanan dimana penguna diminta untuk menatap ponsel untuk membukanya. Artinya, seseorang tidak bisa mengambil gambar wajah begitu saja misalnya ketika menengok atau saat Anda sedang tertidur. Ini juga merupakan salah-satu fitur yang dimaksudka untuk menghindari pembukaan kunci keamanan dengan topeng.

Ini berarti seseorang tidak dapat menahannya ke wajah Anda saat Anda berpaling untuk menyalakannya, atau menggunakannya saat Anda sedang tidur, dan juga merupakan salah satu fitur yang dimaksudkan untuk melindungi telepon dari masker.

Kesimpulannya, Bkav percaya bahwa FaceID tidak lebih aman dibandingkan dengan TouchID. Meksipun untuk membuat topeng juga tidak murah sekitar 200 dolar AS atau Rp2,6 jutaan. Juga, usaha untuk membuat topeng ini tidak semudah yang dibayangkan bukan? (*)


Comments

indraupax.com adalah website yang mengulas tentang tips dan trik informasi seputar gadget dan teknologi terkini.

Ingin menerima berita terkini setiap hari ?

Copyright © 2012 - 2017 indraupax.com

To Top