Tips & trik

Cara Install Gapps Melalui Google Installer di Xiaomi

Google Apps merupakan sebuah layanan Google yang menyuguhkan kumpulan aplikasi produk Google seperti Play Store, Chrome, YouTube, dan lain-lain. Biasanya, perangkat Xiaomi yang menggunakan ROM versi China tidak mendapatkan Google Apps. Berbeda dengan ROM global yang rata-rata sudah mendapatkan Google Apps.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak beredar perangkat Xiaomi yang menggunakan ROM global seperti Redmi Note 5a, Redmi 2, dan Redmi 4a.

Sebelumnya, pengguna dapat dengan mudah mengunduh Google Installer melalui Mi Market. Namun semenjak hadirnya update MIUI 6, Mi Market sudah tidak menyediakan Google Installer lagi. Lalu, bagaimana cara instal Google Apps di ROM MIUI China?


Cara Mudah Install Google Apps di Xiaomi

Pastikan sudah mengaktifkan penginstalan aplikasi dari sumber tidak diketahui. Caranya, masuk ke menu Settings – Security. Kemudian aktifkan “Unknown source”. Ini bertujuan untuk mengizinkan aplikasi yang diunduh dari luar bursa aplikasi resmi.

Download Google Installer kemudian install. Jika berhasil, pilih “Launch”.

Bila aplikasi sudah terbuka, silahkan unduh Google Play Store. Disarankan untuk tidak mengunduh aplikasi lain, karena semua aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Play Store.

Jika ada peringatan “Install Google Service Framework”, pilih “ok”untuk melanjutkan.


Itulah cara mudah untuk meng-install aplikasi Google di Xiaomi. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah.

Comments
To Top