Melakukan aktivitas perekaman layar di Android ternyata cukup mudah dilakukan, terlebih saat ini telah banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan perekaman layar tersebut.

Advertisement

Biasanya perekaman layar ini dilakukan ketika seseorang tengah melakukan sebuah demonstrasi menggunakan perangkat smartphone, baik untuk memperlihatkan berbagai fitur dari smartphone dan aplikasi, ataupun membuat sebuah tutorial untuk menjalankan sebuah pekerjaan.

Terdapat banyak sekali aplikasi untuk merekam layar di Android (screen recorder) yang bisa digunakan secara gratis, baik yang memerlukan root ataupun yang tidak

Lalu apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut saya akan memberikan beberapa aplikasi pilihan untuk melakukan perekaman layar:

DU Recorder


Recorder – Game Screen Recorder & Video Editor, merupakan sebuah aplikasi gratis untuk merekam layar Android secara stabil, halus, jelas dan berkualitas tinggi. Bukan hanya dapat melakukan perekaman layar (screen recording), DU Recorder juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan tangkap layar (screen capturing).

Salah satu kemudahan DU Recorder adalah, aplikasi ini tidak memerlukan proses rooting untuk dapat menggunakannya. Hal lainnya yang juga membuat aplikasi ini nyaman untuk digunakan, walaupun gratis aplikasi ini tidak menampilkan berbabagi iklan ataupun watermark yang mengganggu proses perekaman layar.

Aplikasi ini juga menyediakan sebuah floating button yang dapat memudahkan pengguna ketika ingin melakukan perekaman layar secara cepat.

ADV Screen Recorder


Sama seperti DU Recorder yang tidak memerlukan root untuk dapat menikmati layanannya, aplikasi ADV Screen Recorder ini juga menjadi salah satu aplikasi perekaman layar gratis yang banyak emndapatkan review positif dari penggunanya.

ADV Screen Recorder memiliki 2 cara untuk melakukan perekaman, yaitu Default dan Advanced.

Yang menarik dari ADV Screen Recorder, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencorat-coret layar ketika tengah melakukan proses perekaman.

Aplikasi ini tidak hanya fokus pada pengambilan gambar / perekaman layar saja tapi juga fokus pada kualitas kamera ketika pengguna merekam layar sambil menyalakan kamera untuk merekam dirinya baik menggunakan kamera depan atau kamera belakang.

GameDuck


Aplikasi GameDuck merupakan sebuah aplikasi perekaman layar yang sangat cocok digunakan untuk para gamer yang seringkali merekam proses bermain game mobile mereka. Yang menarik dari GameDuck, terdapat sebuah komunitas khusus yang membagikan sejumlah video walkthrough lengkap dengan berbagai reaksi wajah para pemainnya yang bisa kita lihat.

Mobizen Screen Recorder


Aplikasi lainnya yang juga dapat digunakan untuk melakukan perekaman layar Android dengan mudah dan tentunya memiliki kualitas yang baik adalah Mobizen Screen Recorder.

Bahkan dengan menggunakan aplikasi ini kita juga bisa melakukan penyuntingan video dengan cepat. Resolusi yang dihasilkan berada pada kisaran 240p hingga 1080p dengan frame rate 60 fps (frame per second).

Bukan hanya itu, itu aplikasi ini bahkan juga dilengkapi dengan fitur front-facing camera. Sehingga, ketika tengah melakukan perekaman layar Android, aplikasi ini juga dapat menjalankan fungsi kamera smartphone untuk ikut merekam wajah pengguna.

ilos screen recorder


Ilos screen recorder merupakan aplikasi perekaman layar Android yang memungkinkan kita untuk bisa langsung mengupload video hasil rekaman kita ke Youtube, Google Drive, Facebook ataupun Dropbox. Aplikasi perekam layar di Android ini dapat digunakan tanpa harus melakukan rooting sistem jika digunakan pada Android Lollipop dan diatasnya.