Software

OTA Update ke iOS 10.3.3 Masih Dibuka untuk iPhone 5s

Update iOS 11 untuk pengguna umum sudah berusia 2 bulan, namun kabar dari iOS 10 masih menjadi perhatian menarik untuk dibahas. Akun Twitter @Jato_BZ menemukan fakta menarik bahwa Apple masih mendaftarkan jalur update ke iOS 10.3.3 bagi pengguna iPhone 5s. Hal ini terdengar cukup aneh mengingat biasanya Apple akan menutup jalur update ke iOS versi lawas setelah beberapa pekan versi baru dirasa cukup stabil.



Dikutip dari laman Redmondpie, jalur OTA Updates untuk iOS 10.3.3 di iPhone 5s ini hanya terlihat jika kamu masih menggunakan iOS 7.x. Jalur update ke iOS 10.3.3 ini juga tidak tersedia jika kamu sudah berada di iOS 11 atau mengandalkan cara downgrade lewat fitur Restore melalui iTunes dengan cara mengunduh IPSW secara terpisah.

It’s important to note though that only iOS 10.3.3 OTA appears to be signed, not the IPSW, which means if you are already on iOS 11, you can likely not downgrade to 10.3.3.


Hal yang sama kabarnya juga berlaku untuk perangkat iOS lainnya dengan CPU Apple A7. Yaitu iPad Mini 2, iPad Mini 3 dan juga iPad Air. Namun sejauh ini tim MakeMac belum menemukan catatan yang menjelaskan bahwa 3 perangkat tersebut juga masih bisa update ke iOS 10.3.3 dari iOS 7 untuk saat ini.

Menurut pendapat saya, Apple memang sengaja memberikan jalur update ke iOS 10.3.3 via OTA Updates bagi perangkat iPhone 5s atau lainnya yang menggunaan CPU Apple A7, sebelum mendapatkan update iOS 11. Karena perangkat dengan inti prosesor tersebut adalah generasi awal yang menggunakan arsitekur 64-bit dan mungkin ada hubunganya dengan file system baru yang ada di iOS 11 yaitu APFS – pertama kali diberikan pada iOS 10.3.3.

Comments
To Top