Kualitas kamera lensa ganda yang dimiliki iPhone X tidak diragukan lagi memang jauh meningkat dibandingkan dengan kamera lensa ganda yang dimiliki model pendahulunya, iPhone 7 Plus. Terutama saat digunakan untuk menangkap gambar minim cahaya.

Advertisement

Dan Provost dari Studio Neat baru-baru ini mengadakan pengujian untuk mengetahui seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan iPhone X dan iPhone 7 Plus sebelumnya kamera masing beralih-masing menggunakan lensa telefoto dengan zoom 2X.

Berdasarkan pengujian dengan menggunakan aplikasi kamera manual Halide yang mendukung ISO dan shutter speed di berbagai tingkatan cahaya, iPhone X tercatat hanya membutuhkan sekitar dua kali lebih sedikit cahaya dibandingkan dengan iPhone 7 Plus sebelum beralih ke lensa telefoto.

the iPhone X requires roughly 2 fewer stops of light before switching to the telephoto lens, as compared to the iPhone 7 Plus. This is obviously great news, and speaks to how improved the second lens is after just one year.

Selanjutnya dengan menggunakan aplikasi Light Meter untuk mengukur lux atau intensitas cahaya per satuan luas yang sama dengan satu lumen per meter persegi, iPhone X hanya membutuhkan cahaya pada 16 lux. Sedangkan iPhone 7 Plus pada 88 lux.

Kamera lensa ganda iPhone X dan iPhone 7 Plus diketahui tidak selalu beralih ke lensa telefoto saat kamu memperbesarnya 2X. Dalam beberapa keadaan minim cahaya, malahan kamu bakal disuguhkan hasil gambar yang terpotong (crop) yang diambil lewat kamera wide-angle.

Hal ini bukan tanpa alasan. Lensa telefoto memiliki bukaan (aperture) yang lebih kecil. Sehingga ia membutuhkan cahaya yang lebih banyak. iPhone sendiri bakal secara otomatis menggunakan lensa lebih panjang saat terdapat cukup cahaya.

Namun, sistem kamera lensa ganda di iPhone X mampu mengambil foto dalam keadaan minim cahaya dengan hasil yang lebih baik dan mengesankan dibandingkan dengan model generasi sebelumnya. Bahkan DxOMark sebelumnya memuji kamera milik iPhone X dengan memberikan skor 97 untuk kualitas kameranya