Tahukah kamu kalau ada beberapa aplikasi android yang bisa berjalan dengan sendirinya di latar belakang? Beberapa aplikasi mungkin dapat berguna, contohnya adalah aplikasi pesan instan. Tapi, bagaimana dengan aplikasi yang kurang berguna?


Tentu mereka akan memakan cukup banyak RAM smartphone kamu. Jika RAM smartphone kamu tidak cukup besar, bisa-bisa smartphone kamu jadi lemot.

Advertisement

Tapi jika kamu menggunakan smartphone buatan Xiaomi, maka kamu patut bersyukur. Pasalnya smartphone Xiaomi dilengkapi dengan fitur bawaan untuk memblokir aplikasi tertentu agar tidak bisa berjalan dilatar belakang.

Cocok untuk menghemat RAM.

Begini caranya…

Pertama, buka aplikasi Keamanan MIUI.

Di dalam aplikasi keamanan, pilis opsi Perizinan.


Kemudian pilih Mulai otomatis.


Kemudian akan muncul deretan aplikasi yang terinstall di smartphone. Untuk memblokir aplikasi agar tidak bisa berjalan dilatar belakang, geser slider ke sebelah kiri. Ingat ya, sebelah kiri. Karena jika ke kanan itu namanya kamu mengijinkan aplikasi tersebut untuk berjalan dilatar belakang.


Kamu bisa menonaktifkan semua aplikasi agar tidak bisa berjalan dilatar belakang. Tapi, saran saya biarkan aplikasi seperti WhatsApp agar dapat bekerja secara maksimal.

Sudah itu saja. Mudah bukan?


Semoga Bermanfaat