iPhone tercatat masih menjadi pemimpin di pasar smartphone sejumlah negara besar. Sebagaimana halnya di Amerika Serikat, smartphone dari Apple tersebut juga paling laris di Inggris selama kuartal 3 2017 meskipun mengalami penurunan penjualan.

Firma riset Counterpoint dalam data yang baru saja dirilisnya mencatat Apple berhasil menguasai pasar smartphone di Inggris dengan pangsa pasar sebesar 34,4 persen di periode tersebut. Pangsa pasar Apple di negara yang menganut sistem monarki tersebut sedikit di atas Samsung.

Dalam data, Samsung membuntuti Apple di peringkat kedua dengan mengantongi pangsa pasar sebesar 34 persen di periode yang sama. Tidak mengejutkan. Pasalnya, perusahaan raksasa elektronik dari Korea Selatan itu meluncurkan banyak model smartphone.

“Apple continued to lead the smartphone market with just over 34% share despite sales declining sequentially. Samsung was the second largest brand, slightly behind Apple, with flat market share YoY.”

Secara gabungan, Apple dan Samsung menguasai dua pertiga pasar smartphone di Inggris dalam hal jumlah penjualan smartphone. Keduanya menguasai lebih dari 80 persen dari nilai penjualan. Berada di peringkat ketiga, ada Huawei yang meraih pangsa pasar dua digit di Inggris selama kuartal 3 2017.

Apple dengan iPhone buatannya berhasil mendominasi segmen pasar smartphone premium. Sedangkan penjualan Samsung mencakup semua titik harga smartphone mulai dari segmen bawah hingga atas.

Tidak hanya di Inggris, iPhone tercatat paling laris AS di kuartal 3 2017 lalu. Berdasarkan data dari Strategy Analytics, Apple menguasai pangsa pasar sebesar 30,4 persen. Jumlah ini beberapa persen lebih tinggi dari pesaingnya.

Di negara yang sama, Samsung harus puas dengan mencatat pangsa pasar sebesar 25,1 persen di periode tersebut. Samsung tampaknya juga mulai terusik di kampung halamannya sendiri, pasalnya penjualan iPhone X sukses besar.

Persediaan iPhone X habis setelah pemesanannya dibuka pekan lalu. Rencananya, Apple bakal meluncurkan iPhone barunya tersebut secara resmi di Korsel Jumat 24 November 2017.