Berita

Apple Siapkan Paten Layar Fleksibel yang Bisa Dilipat buat iPhone

Apple bulan lalu dirumorkan sudah menjalin kerja sama dengan LG untuk mengerjakan layar yang bisa dilipat buat iPhone di masa depan. Ternyata hal tersebut bukan cuma rumor belaka. Mereka sudah menyiapkan paten terkait.

Dalam dokumen yang dipublikasi United States Patent and Trademark Office (USPTO) (via Patently Apple), Apple diketahui sedang mengajukan paten baru yang menjelaskan soal kehadiran perangkat elektronik – iPhone – dengan layar fleksibel yang bisa dilipat tersebut.

An electronic device may have a flexible portion that allows the device to be folded. The device may have a flexible display. The flexible display may have a bending region that allows the display to bend along a bend axis when the device is folded.

Lebih mendetil, perangkat elektronik tersebut dilengkapi dengan layar yang bisa dibuka dan ditutup layaknya buku. Hal ini karena layar fleksibel tersebut memiliki area lentur yang memungkinkannya dapat ditekuk sepanjang lekukan saat perangkat dilipat.

Adapun layar yang bisa dilipat mencakup semua jenis layar. Tidak hanya LCD, layar fleksibel tersebut juga mencakup layar OLED dan Micro-LED. Jenis layar terakhir saat ini sedang dikembangkan Apple dengan menggandeng TSMC.

Layar OLED di iPhone X sendiri disebutkan termasuk dalam layar yang fleksibel. Meski tampak datar, akan tetapi bagian ujungnya terselip di balik penutup kaca untuk membuatnya nyaris tanpa bezel.


Sebenarnya, rumor mengenai Apple mengerjakan layar yang bisa dilipat buat iPhone sudah mencuat ke permukaan sejak akhir tahun lalu. Saat itu mereka Apple dikabarkan termasuk salah satu perusahaan yang tertarik untuk membeli layar yang bisa dilipat buatan LG.

Sejumlah perusahaan lain yang tertarik dengan layar yang dapat dilipat dari LG adalah Google dan Microsoft. Hal ini menyusul, LG sudah mengembangkan prototipe panel yang bisa dilipat dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

iPhone dengan layar fleksibel yang bisa dibuka dan ditutup belum masih lama untuk hadir. Apple direncanakan bakal meluncurkannya pada 2021. Pada saat itu, Apple sudah mengadopsi layar Micro-LED di 2019. Namun perangkat pertama yang memakainya adalah Apple Watch.

Layar Micro-LED diklaim lebih unggul dibandingkan layar OLED biasa yang dimiliki iPhone X. Keunggulannya di antaranya adalah ukuran bisa dibuat lebih tipis, kecerahan lebih baik, rasio kontras lebih tinggi, dan waktu respons lebih cepat.

Comments
To Top