Tips & trik

Cara Membuat Back Up WhatsApp di Google Drive

Mencegah lebih baik dari pada mengobati.” Slogan ini juga berlaku saat kita menggunakan WhatsApp. Sebelum terjadi hal buruk, sebaiknya kita membuat backup-nya.

Menurut saya, WhatsApp adalah satu platform perpesanan yang punya banyak kelebihan. Selain ringan, aplikasi ini menyediakan fitur backup di dalamnya.Fitur ini tentu akan sangat membantu kita dalam berbagai hal.

Salah satunya, fitur ini sangat penting setidaknya agar kita tidak kehilangan data-data penting dalam platform tersebut. Selain itu, dengan membuat cadangan data dari aplikasi ini, kita dapat dengan mudah berganti-ganti ponsel tanpa mempertimbangkan bagaimana data perpesanan WhatsApp kita.

Baiknya si WhatsApp ini, kita dapat membuat cadangan atau backup data WhatsApp secara lokal di perangkat, maupun secara online di Google Drive. Untuk membuat cadangan WhatsApp di perangkat secara local, Anda tidak perlu mengaturnya, karena secara otomatis aplikasi akan membuat cadangan pada jam 02.00 pagi setiap harinya.

Dan untuk merecovery-nya pun sangat mudah, misalnya saat kita tanpa sengaja menghapus pesan tanpa sengaja. Anda hanya perlu membuka folder WhatsApp di sd card, kemudian buka folder Databases. Dalam folder ini, Anda dapat menemukan semua cadangan dari data WhatsApp.

Untuk menggunakannya kembali, salin data cadangan WhatsApp yang memiliki format msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt**, lalu ubah menjadi msgstore.db.crypt** tanpa mengubah nomor angka pada ekstensi .crypt**. Setelah itu, masukan ke folder Databases lagi untuk megembalikan cadangan. Setelah itu uninstall dan install kembali WhatsApp Anda.(tanda ** dapat berupa angka 12, 10, 9, dan lainya)

Namun, berbeda dengan membuat cadangan data di Google Drive, karena Anda perlu mengaturnya untuk membuatnya otomatis. Namun, karena sinkronisasi dapat memakan kuota yang cukup banyak, tergantung besar media yang diunggah, Anda dapat membackupnya secara manual.

Cara Membuat Backup WhatsApp di Google Drive

Dengan mencadangkan data-data WhatsApp ke Google Drive, Anda dapat dengan mudah merecovery data saat menginstal WhatsApp lagi, baik diperangkat baru maupun perangkat yang sama. Caranya adalah sebagai berikut ini

Buka WhatsApp

Buka ikon tiga titik yang terletak pada bagian kanan atas

Pilih menu Setting, kemudian pilih Chats, dan pilih Chat Backup

Atur akun Google yang akan digunakan dengan menekan Account

Klik BACK UP untuk mencadangkan secara manual,dan jika muncul permision klik BACK UP

Untuk membuat cadangan secara otomatis, Anda dapat mengetuk Opsi Back up to Google Drive, dan pilih durasi waktu pencadangan.

Agar hemat kuota klik Back up over dan pilih Wi-Fi

Jangan lupa mencentang Include Videos

Setelah membuat cadangan di Google Drive, Anda dapat merecovery data dengan lebih mudah dari pada secara manual. Karena, secara otomatis, saat Anda menginstal WhatsApp dengan menggunakan nomor sama dan akun Google terhubung, Aplikasi akan menawarkan pilihan recovery.

Comments
To Top