Belum lama ini Instagram merilis fitur yang memungkinkan penggunanya mengundang teman untuk siaran video bareng. Fitur ini diharapkan dapat mendorong pengguna Instagram untuk lebih aktif menggunakan fitur Live dengan pertimbangan kecenderungan orang merasa lebih percaya diri bila siaran dengan teman ketimbang sendirian.

Advertisement

Dan untuk memberi akses yang lebih mudah bagi teman lain yang ingin bergabung dalam siaran Live, Instagram kembali menggulirkan tool baru berlabel Request. Sesuai namanya, tool baru ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan permintaan bergabung ke dalam video teman yang sedang siaran langsung di akunnya.Berdasarkan rilis resminya, Instagram memberi petunjuk singkat bagaimana menggunakan tool ini. Pengguna yang sedang melihat siaran langsung teman, bisa meminta untuk bergabung dengan cara menyentuh tombol “Request” di panel komentar. Jika disetujui, sebuah konfirmasi akan dikirimkan ke pengguna yang juga secara otomatis akan memberi waktu beberapa saat untuk bersiap-siap sebelum video mulai disiarkan. Dan setelah terhubung, jendela layar akan terpotong menjadi dua, menampilkan video masing-masing. Setelah dirasa cukup, pengguna bisa keluar dengan mudah.

Sementara bagi pengguna yang menjadi host, akan mendapati notifikasi permintaan lengkap dengan nama dan foto profil teman bersangkutan. Ada dua opsi yang dihadirkan, menerima atau menolak permintaan tersebut. Di ikon “dua smiley”, pengguna juga dapat menemukan daftar teman yang mengirimkan permintaan. Dari sana, mereka dapat memilih siapa yang boleh bergabung kapanpun selama semuanya dalam posisi online.

Dengan begitu, kini untuk membuat video siaran langsung bareng teman, pengguna Instagrama punya dua opsi. Pertama, dengan mengundang teman bersangkutan ke dalam video. Kedua, mengirim permintaan untuk tergabung ke dalam video Live.

Instagram v24 bisa diunduh mulai sekarang baik di platform Android ataupun iOS.