Software

Update Tizen 3.0 untuk Samsung Gear S3

Kemunculan Samsung Gear Sport belum lama ini bukan berarti Gear S3 harus meninggalkan status flagship-nya di lini smartwatch Samsung. Pada kenyataannya, Samsung baru saja merilis Value Pack Update yang berisikan seabrek pembaruan untuk software Gear S3.

Jangan tertipu oleh namanya, sebab update ini pada dasarnya merupakan Tizen versi 3.0, sama seperti yang tersematkan pada Gear Sport. Salah satu pembaruan yang paling utama melibatkan fungsi fitness tracking, di mana Gear S3 kini dapat memonitor laju jantung secara terus-menerus, dengan peningkatan akurasi dan informasi yang lebih mendetail.

Memonitor berat badan juga bisa dilakukan secara lebih efisien lewat fitur manajemen nutrisi. Tizen 3.0 turut menghadirkan fitur Samsung Health Fitness Program, di mana pengguna dapat menyimak beragam program berlatih di TV, lalu menggunakan Gear S3 untuk mengontrol konten yang disajikan.


Gear S3 versi LTE yang dirilis bulan Maret lalu membuktikan perannya sebagai alat komunikasi mandiri, dan Tizen 3.0 bakal semakin memaksimalkan peran tersebut. Kalau sebelumnya pengguna Gear S3 hanya bisa melakukan pencarian kontak, sekarang mereka dapat membuat kontak baru langsung dari Gear S3.

Hal yang sama juga berlaku untuk event kalender. Lalu untuk reminder, pengguna Gear S3 kini juga bisa mengedit reminder secara langsung. Semisal pengguna memakai Gear S3 untuk melihat daftar belanja, mereka sekarang bisa langsung mencentang barang yang sudah diambil tanpa harus mengeluarkan smartphone.

Tampilan software-nya secara keseluruhan juga telah disempurnakan. Berbagai widget yang tersedia telah dioptimalkan untuk layar membulat Gear S3, dan kini terdapat semacam garis indikator yang memutari layar untuk tiap-tiap widget.


Bezel berputar inovatif milik Gear S3 kini bakal terasa lebih bermanfaat, sebab pengguna dapat melihat lebih banyak atau lebih sedikit informasi tergantung seberapa cepat mereka memutar bezel. Moment Bar, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur volume atau mengecek sisa baterai dengan cepat, kini bisa diakses dengan satu swipe ke atas atau bawah pada layar.

Selebihnya, masih ada kemampuan untuk mengendalikan beragam perangkat IoT yang kompatibel, atau menjadi remote control untuk presentasi PowerPoint maupun Gear VR. Bagi pengguna Gear S3, silakan unduh Value Pack Update melalui aplikasi Samsung Gear.

Comments
To Top