Google baru saja meluncurkan Pembaruan untuk aplikasi SMS default Android-nya ke semua pengguna mulai hari ini (21/11). Pembaruan ini membawa aplikasi Pesan Android dari versi 2.5 ke versi 2.7. Meskipun tidak ada perubahan signifikan pada antarmuka, namun terdapat pengurangan ukuran sekaligus dua fitur baru yang terintegrasi ke dalam aplikasi.

Advertisement

Fitur pertama adalah integrasi Google Duo. Aplikasi panggilan video gratis Android ini sekarang mendapatkan integrasi yang lebih mendalam dengan adanya ikon video pada sudut kanan atas jendela percakapan SMS. Dengan adanya integrasi tersebut, aplikasi ini diharapkan akan mendapatkan lebih banyak pengguna kedepannya.

Fitur berikutnya adalah metode pengiriman atau permintaan pembayaran dari teman. Layanan yang disediakan oleh Google Wallet ini merupakan layanan pembayaran NFC pertama di AS sebelum Google mengubah nama layanannya menjadi Android Pay. Google Wallet juga memiliki kartu debitnya sendiri, meski ia sekarang juga sudah mulai beralih nama menjadi Android Pay.

Seperti Yang dikutip dari Android Police, aplikasi ini juga bersiap untuk merampingkan indikator notifikasi. Semua pesan baru yang masuk akan ditandai dengan memberikan indikator “X Pesan Baru” yang merupakan pergantian dari indikator sebelumnya yang berbunyi “Ada Pesan Baru di Bawah”.

Fitur lain yang juga tak kalah penting adalah dengan ditanamkannya dukungan RCS untuk smartphone dualSIM. RCS adalah singkatan dari “Rich Communication Service” yang akan menawarkan lampiran dengan ukuran yang lebih besar, tanda pesan telah dibaca, dan memberi tahu Anda saat penerima sedang mengetik. Pembaruan RCS hanya akan berlaku pada ponsel pintar yang memiliki dua jalur aktif.