Berita

Dilengkapi Co-Processor A10 Fusion, iMac Pro Bakal Dukung “Hey Siri”

Semakin dekat dengan peluncuran perdana iMac Pro yang rencananya siap dilakukan bulan depan, beredar bocoran informasi mengetahui fitur barunya yang sebelumnya tidak dibeberkan Apple secara lengkap dalam pengumumannya.

Sebagaimana dilansir dari 9to5Mac, generasi baru komputer Mac dengan spesifikasi kelas atas tersebut bakal mendukung fitur “Hey Siri”. Meskipun sudah mendukung Siri, komputer Mac belum punya fitur tersebut seperti di perangkat iOS, macam iPhone dan iPad.

Pasalnya, di dalam software BridgeOS seperti ditemukan sejumlah pengembang terdapat barisan kode yang mengkonfirmasi iMac Pro bakal dilengkapi co-processor berbasis ARM 64bit, yaitu chip prosesor A10 Fusion. Prosesor inilah yang akan memungkinkan Siri untuk tetap aktif.

Menurut pengembang Steve Troughton-Smith, chip prosesor ARM dengan RAM 512MB tersbeut disematkan untuk menangani boot dan proses keamanan macOS. Serta memungkinkan Apple untuk bereksperimen dengan kontrol lebih dekat di macOS tanpa membuat pengguna panik.



Bahkan pengembang lainnya, Guilherme Rambo menemukan bocoran layar menyetel “Hey Siri” buat komputer Mac. Seperti kamu lihat, proses menyetelnya sendiri sama saja seperti di perangkat iOS.


Kehadiran co-processor berbasis ARM di iMac sebelumnya pernah mencuat akhir Juni lalu. Blog Pike’s Universum menemukan file firmware dalam macOS High Sierra versi beta yang menunjukkan iMac Pro bakal disematkan co-processor ARM.

Di dalam co-prosesor ARM tersebut ada fitur Secure Enclave mirip seperti di MacBook Pro dengan Touch Bar dan Touch ID. Dengan indikasi, iMac Pro bakal dilengkapi sensor Touch ID untuk fitur keamanannya.

Beberapa waktu lalu, sempat juga beredar rumor bahwa Apple sudah mulai mengembangkan chip ARM untuk MacBook. Chip tersebut dikembangkan untuk menangani tugas-tugas ringan yang tidak memakan tenaga besar.

Hingga saat ini, belum ada pengumuman kapan Apple bakal meluncurkan iMac Pro pertama dengan co-prosesor ARM A10 Fusion tersebut. Buat yang berencana meminangnya nanti, siapkan dana yang cukup. Pasalnya ia bakal dibanderol mulai $4.999.

Comments
To Top