Berita

Apple Dapat Surat Perintah Buka iPhone SE Pelaku Penembakan di Texas

Pihak berwenang di Texas sudah melayangkan surat perintah resmi kepada Apple untuk membuka kunci perangkat iPhone milik pelaku penembakan di sebuah gereja di Sutherland Springs, Texas, belum lama ini.

Seperti diberitakan Fast Company, Texas Rangers dan FBI ingin membuka iPhone SE milik pelaku penembakan bernama Devin Patrick Kelley untuk menemukan data yang tersimpan di dalamnya, apakah dia terkait dengan kelompok militan atau beraksi sendirian.

Surat perintah yang dikeluarkan juga meminta Apple untuk membuka akun iCloud milik sang pelaku yang menembak 26 orang hingga tewas pada 5 November lalu. Tidak itu saja, ponsel buatan LG yang dimiliki pelaku juga termasuk dalam surat perintah untuk dibuka.

Pihak berwenang sebenarnya punya kesempatan untuk membuka iPhone milik pelaku penembakan yang akhirnya tewas dalam pengejaran. Mereka punya 48 jam untuk melakukannya sampai iPhone meminta password balik.

Apple sendiri kabarnya sudah menghubungi kepada pihak berwenang saat iPhone tersebut tidak dapat dibuka. Namun saat itu, mereka tidak memberikan respons apapun, malahan membawa iPhone tersebut ke lab forensik di Virginia.

Dalam hal ini, Apple tidak punya hak untuk memberikan akses untuk membuka iPhone milik pelaku. Karena pada dasarnya, pihak berwenang setempat yang bertanggung jawab untuk situasi yang sudah mereka bikin. Mereka seharusnya mengetahui apa yang harus dilakukan setelah menembak pelaku.


Bukan tak mungkin, Apple bakal memberikan pernyataan yang sama seperti kejadian penembakan di San Bernardino pada 2015 lalu. Saat itu, Apple menolak mentah-mentah permintaan FBI untuk membuat tool atau software khusus untuk membuka enkripsi iPhone milik pelaku.

Apple beralasan hal tersebut dapat menimbulkan preseden buruk di masa mendatang. Apple lebih memilih untuk melindungi data dan privasi pengguna daripada dan membahayakan keamanan semua perangkat iPhone di dunia.

Belum ada keterangan resmi dari Apple soal surat perintah untuk membuka password iPhone SE tersebut. Kami bakal mengabarkan begitu mereka merilisnya.

Comments
To Top