Tips & trik

6 Tips Fitur Facebook Seru Untuk Kamu Yang Suka Traveling

Biasanya aplikasi yang sering dipakai saat traveling adalah Google Maps. Tapi tahukah kamu kalau Facebook juga punya fitur traveling? Kami akan mengajakmu mengintip beberapa tips fitur traveling Facebook.

Memang harus kita akui, Facebook belum sedahsyat Google dalam menyajikan informasi tempat. Walau begitu, kalau kamu tahu cara mencari di Facebook, kamu bisa mendapat informasi yang berguna. Selain itu, kamu juga bisa mendapat beberapa saran dari temanmu dengan memanfaatkan fitur Facebook.

Beritahu Teman dengan Fitur ‘Berkunjung Ke…’


Dengan fitur ‘Berkunjung ke…‘ kamu bisa memberitahu teman-temanmu (lewat status) kalau kamu sedang bepergian ke tempat tertentu. Dengan begitu, kalau mereka pernah ke tempat itu, mereka bisa berbagi pengalaman di komentar. Terlebih lagi, kalau ada teman di daerah itu, mereka bisa membantu.

Tekan bagian ‘Apa yang sedang Anda pikirkan?‘,

Pilih ‘Merasa/Aktivitas/Stiker‘,

Pilih tabAktivitas‘,

Pilih ‘Berkunjung ke…‘,

Cari lokasi yang akan kamu kunjungi.

Kirim seperti satus biasanya.

Minta Rekomendasi


Pilihan lain yang bisa kamu lakukan adalah minta rekomendasi dari teman. Fitur ini sedikit lebih spesifik dari sekedar memberitahu kamu sedang berkunjung ke suatu tempat. Kamu bisa bertanya apa yang menarik di daerah itu. Misalnya kuliner unik, suvenir khas daerah setempat, daerah yang keren buat foto, dll.

Tekan bagian ‘Apa yang sedang Anda pikirkan?‘,

Geser ke atas pilihan yang ada di bawah, pilih ‘Minta Rekomendasi‘,

Ketik apa yang kamu cari di tempat itu,

Tambahkan lokasi,

—Akan masuk ke halaman pencarian tempat.

Kirim seperti status biasanya.

Tanya Pilihan Lewat Jajak Pendapat


Kalau kamu bingung menentukan sesuatu, misalnya memilih tempat wisata, kamu bisa bertanya pada teman. Gunakan saja fitur Jajak Pendapat di Facebook. Tanyakan dengan menggunakan foto agar lebih jelas. Karena kami sudah pernah membahasnya, silakan baca tutorial membuat polling di Facebook.

Lihat Tempat di Sekitar


Fitur traveling Facebook ini mungkin mirip dengan Google Maps atau Foursquare. ‘Tempat di Sekitar‘ jadi semacam panduan kota. Kamu bisa melihat tempat berdasar kategori atau mencari sendiri. Tapi kelemahan fitur ini adalah banyak tempat yang tidak akurat atau malah fiktif. Di Amerika, fitur ini sudah jadi aplikasi sendiri dengan nama Local.

Tekan ikon Menu di tab aplikasi.

Pilih ‘Tempat di Sekitar‘,

Ketik apa tempat yang kamu cari atau pilih kategori,

Pilih tempat yang bersangkutan,

Kamu bisa menghubungi tempat tersebut, menyimpan halaman untuk dilihat nanti, minta petunjuk arah, dll.

Lihat Acara Seru


Tentu saja ketika kamu jalan-jalan, salah satu hal yang menarik adalah melihat acara yang sedang berlangsung di daerah tersebut. Kamu bisa melihatnya di Facebook dengan mudah.

Tekan ikon Menu di tab aplikasi.

Pilih ‘Acara‘,

Telusuri baik melihat acara di sekitar, berdasarkan pilihan waktu, melihat di kalender, dll.

Pilih salah satu acara yang menarik,

Tekan ‘Tertarik‘ kalau kamu berminat atau ‘Akan Hadir‘ kalau kamu memang ingin datang. Kamu juga bisa menyimpan halaman itu untuk dilihat nanti (Selengkapnya > Simpan).

Lihat Teman di Sekitar


Walau bukan benar-benar fitur traveling Facebook, yang satu ini juga berguna. Kamu bisa melihat siapa saja temanmu yang berada di sekitarmu atau sedang melakukan perjalanan. Tentu saja, kalau ternyata ada yang juga melakukan perjalanan ke daerah yang sama denganmu, kamu bisa bertemu.

Tekan ikon Menu di tab aplikasi.

Pilih ‘Teman di Sekitar‘,

Lihat daftar teman yang ada di daerah sekitarmu, yang sedang melakukan perjalanan, atau ada di daerah tertentu.

Lambaikan tangan (tekan ikonnya) atau kontak melalui Messenger (tekan logonya) kalau kamu berminat menyapa.

Comments
To Top