Keberadaan sebuah smartphone kini telah berkembang menjadi salah satu benda wajib yang harus dibawa kapanpun dan kemanapun kita bepergian. Jika ketika tengah bepergian di dalam negeri tidak diperlukan pengaturan khusus untuk bisa menggunakan smartphone, hal tersebut akan berbeda jika kita harus melakukan suatu aktivitas di luar negeri.

Nah, untuk memastikan agar kita tetap bisa mengoperasikan smartphone dengan lancar saat berada di luar negeri, ada beberapa tips penggunaan smartphone yang bisa diikuti. Berikut adalah beberapa tipsnya:

Pastikan smartphone bisa digunakan di luar negeri

Yang pertama kali harus dilakukan ketika akan bepergian ke luar negeri, pastikan bahwa smartphone yang kalian gunakan bisa difungsikan di tempat tujuan. Banyak operator seluler di seluruh dunia menggunakan berbagai teknologi dan frekuensi yang berbeda. Hal ini menyebabkan tidak semua smartphone dapat digunakan di semua negara.

Untuk memastikan apakah smartphone kalian berfungsi, periksalah petunjuk penggunaan smartphone. Jika smartphone kalian mendukung quad-band GSM, ini berarti smartphone kalian bisa difungsikan di sebagian besar negara.

Selanjutnya, pastikan pula bahwa roaming internasional aktif. Untuk memastikannya, kalian bisa menghubungi operator seluler untuk mengaktifkan roaming.

Punya paket roaming


Untuk menghindari biaya penggunaan smartphone yang membengkak ketika berada di luar negeri, pastikan bahwa kalian telah menyiapkan paket roaming untuk melakukan komunikasi telpon dan SMS, serta internet. Paket roaming internasional mungkin akan terasa lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan ketika berada di dalam negeri. Namun biaya tersebut masih jauh lebih murah jika dibandingkan ketika tidak menggunakan paket roaming.

Pakai kartu SIM lokal


Jika tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli paket roaming internasional, cara lain yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan kartu SIM lokal yang tersedia di negara tujuan.

Untuk bisa mengganti kartu SIM, pastikan smartphone adalah versi unlocked alias tidak terikat kontrak dengan operator seluler.

Pakai WiFi dan aplikasi pesan


Manfaatkan pula jaringan WiFi dan gunakan aplikasi mobile seperti Skype, WhatsApp dan aplikasi komunikasi lainnya untuk melakukan komunikasi dengan setiap orang. Untuk koneksi WiFi sendiri, ada yang menyediakan WiFi secara gratis, namun ada pula yang menyediakannya dengan berbayar, namun dengan harga yang lebih murah dibandingkan paket roaming.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika tengah bepergian ke luar negeri. Semoga artikel ini bermanfaat!