Pernahkah mengalami kejadian dimana mendadak kita tidak bisa download suatu aplikasi padahal ada satu game yang ingin sekali kita mainkan?

Advertisement

Saat kita cek menggunakan handphone lain, ternyata bisa dan lancar.

Nah disini saya akan bahas mengapa mendadak kita tidak bisa mendownload dari Google Playstore ke Handphone kita.

Limit Pada Perangkat


Terkadang saat kita menginstal aplikasi pada handphone kita, kita menemukan beberapa aplikasi tidak bisa digunakan. Seringkali hal ini bukan berarti aplikasinya tidak bisa dijalankan di smartphone kita, namun ada bug yang memang masih bermasalah dan belum bisa diatasi sang developer aplikasi tersebut. Biasanya kita mengatasinya dengan mendownload APK walaupun hal ini tidak direkomendasikan karena kita tida bisa memastikan keamanan file APK tersebut.

Atau dalam kasus lainnya aplikasinya hanya bisa digunakan diperangkat tertentu seperti tablet only atau phone only. Hal ini tentu memudahkan kita mengidentifikasi aplikasi mana yang kita bisa gunakan.

Proximitas wilayah

Proximitas atau pembatasan wilayah memang bisa menjengkelkan, apalagi bagi yang bermukin bukan di eropa atau amerika karena banyak aplikasi yang membatasi wilayahnya hanya pada wilayah tersebut.


Kita bisa saja menginstall file yang kita mau melalui berbagai channel. Namun seringkali aplikasi itu tetap tidak bisa digunakan karena developer hanya support untuk wilayah yang masuk cakupan mereka saja.

Cara mengatasinya yaitu menghubungi developer app tersebut agar memperluas cakupan wilayahnya dan memberiktahukan bahwa aplikasinya memiliki peminat di luar wilayah tersebut

Gadget Kita Tidak Memiliki Fitur Tertentu


Pernahkanh saat kita mengganti handphone lama kita ke handphone baru, ada beberapa aplikasi tidak bisa berjalan seperti sebelumnya akibat tidak adanya gyroscopes, accelerometers dan sebagainya?

Biasanya hal ini terjadi apabila gadget baru kita memilki kualitas dibawah gadget sebelumnya sehingga ada beberapa fitur yang tidak tersedia sehingga aplikasi-aplikasi yang kita pindahkan bermasalah

Cara mengatasinya adalah, dengan membeli gadget baru yang memiliki kelengkapan fitur-fitur yang dibutuhkan ooleh handphone kita dan dengan spesifikasi lebih lengkap seperti gyroscopes, accelerometers, ambient sensors, temperature sensors, humidity sensors dan lain sebagainya

Versi Android Yang Kita Miliki


Jika ada versi terbaru android keluar, maka hal ini bisa kita prediksi.Namun, walaupun kita bisa menebaknya, tetap saja hal ini menyebalkan apabila terjadi kepada kita.

Beberapa developer memang membuat aplikasi atau game mereka harus dijalankan mengunakan OS terbaru agar dapat berjalan lebih baik sehingga mereka akan memberikan tanda not compatible apabila kita memiliki android versi lama.

Kita bisa menginstall melalui APK seperti biasa, namun akan ada beberapa fitur yang biasanya tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan

Bug di Google Play


Bila kita menemukan aplikasi yang sebenarnya berjalan di handphone kita, namun ternyata tetap kita tidak bisa download maka ada kemungkinan Playstore kita ada bug

Ada beberapa solusi yang bisa dipilih

Logout play store dan pergi ke menu device settings and navigate to the Application section. Pilih Google Play Store dan tap clear data dan clear cache. Lalu setelah itu coba login kembali

Uninstall google playstore dan install ulang lagi.

Restart handphone mungkin merupakan solusi terakhir jika semua sudah kita coba, namun belum berhasil.

Jika masih belum berhasil juga, mungkin ada beberapa masalah yang harus dikaji lebih mendalam.

Memori Handphone Penuh


Ini mungkin masalah klasik yang dihadapi hamper ssemua pengguna smartphone. Penuhnya memori handphone kita sehingga tidak memungkinkan untuk menginstall aplikasi baru.

Solusi menghadapinya dengan menghapus aplikasi-aplkasi dan data yang sudah tidak diperlukan. Back up foto dan video ke cloud atau laptop juga membantu agar memori handphone kita sedikit lebih lega.