Kemunculan iPad Pro yang dirancang untuk menggantikan PC menjadi pertanda bahwa era Post-PC bakal segera berakhir. Hal itulah yang ditunjukkan Apple dalam video iklan barunya yang berjudul “What’s a computer”.

Dalam iklan yang diposting di YouTube, Apple menampilkan seorang anak kecil berkeliling di sebuah kota dengan menggunakan sepeda. Tidak lupa, dia membawa model iPad Pro 10,5 inci lengkap dengan Apple Pencil dan Smart Keyboard. Sehingga tampak seperti komputer pada umumnya. Padahal bukan.

iPad Pro tersebut digunakan si anak untuk melakukan panggilan FaceTime, mengirim pesan iMessage, mengambil foto, mengerjakan PR di Microsoft Word, menggambar dengan Apple Pencil, membaca komik, dan lainnya.

Di saat yang sama, Apple menunjukkan sejumlah fitur andalan yang ada di iOS 11, seperti hasil screenshot yang mudah dianotasi, Dock baru, mode multitasking (Split View dan Slide Over) dan lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut, iPad Pro sudah cukup mumpuni untuk menggantikan PC.

Sebagaimana yang disebutkan dalam caption videonya, Apple mengatakan dengan iPad Pro dan iOS 11, ear Post-PC semakin dekat daripada yang kamu pikirkan. Di akhir iklan, Apple menantang apa itu definisi komputer saat si anak ditanya apa yang sedang dilakukannya dengan komputer.Berikut video iklan selengkapnya:



Iklan baru di atas menegaskan kembali pandangan Apple mengenai iPad Pro yang bisa menjadi pengganti PC. Secara terselubung, iklan ini juga dengan telak menyindir PC buatan Microsoft.

Apalagi beberapa waktu lalu, CEO Microsoft Satya Nadella menyindir tablet besutan Apple. Saat itu saat dalam kunjungannya ke India, dia melihat sejumlah wartawan menggunakan iPad Pro dan menyindir bahwa iPad Pro bukan komputer yang benar.