Fitur Delete for Everyone atau ‘fitur hapus chat salah kirim’ di WhatsApp disambut gembira oleh para pengguna di seluruh dunia. Tapi di balik itu, fitur tersebut ternyata juga membuat orang jadi “kepo” (penasaran) lantaran ingin tahu pesan apa yang dihapus tersebut.

Advertisement

Kamu mungkin harus berterima kasih (atau malah mungkin jengkel) pada kemajuan teknologi, karena teknologi bisa membuat sesuatu yang ‘hilang’ menjadi terlihat kembali. Ya, ternyata pesan di WhatsApp yang sudah dihapus tersebut masih bisa dibaca lho oleh si penerima pesan. Bagaimana caranya?

Mengutip dari laman Gadgets 360, seorang blogger bernama Android Jefe mengungkapkan bahwa ia dapat melihat pesan yang sudah dihapus oleh sang pengirim. Dia menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Notification History untuk melakukan trik ini.

Yang perlu dilakukan hanyalah memasang aplikasi tersebut di perangkat ponsel, dan pengguna bisa langsung melihat isi pesan yang telah terhapus tersebut.

Penasaran, saya pun mencoba trik ini. Setelah mengunduh aplikasi Notification History, kami langsung mengirim pesan melalui WhatsApp.

Setelah memastikan diterima, kami pun langsung menghapus pesan tersebut.

Nah, di ponsel kedua, saya langsung melihat pesan yang masuk tadi. Namun karena pesan itu sudah di hapus menggunakan fitur Delete for Everyone, maka saya tidak dapat melihat pesan yang diterima.


Selanjutnya, buka aplikasi Notification History. Aplikasi ini berguna untuk mencatat ‘Log’ yang dilakukan oleh aplikasi yang berjalan di ponsel, termasuk WhatsApp.


Setelah itu, cari notifikasi yang cocok dengan waktu penerimaan pesan. Setelah ketemu, buka log tersebut.


Ternyata, aplikasi ini benar-benar masih menyimpan teks yang telah dihapus oleh penerima!


Namun perlu diingat, Notification History ini hanya mencatatkan beberapa ‘Log’ terakhir saja. Tidak semua notifikasi dapat Kamu dapatkan melalui aplikasi tersebut. Selamat mencoba