WhatsApp kini memiliki sekitar 35,8 juta pengguna di Indonesia. Laporan ini seolah menunjukkan keunggulan WhatsApp dibanding aplikasi chat lain, seperti Blackberry Messenger yang berada di posisi keempat dengan 34,7 juta pengguna, dan LINE yang berada di posisi ketujuh dengan 27,6 juta pengguna.

Aplikasi ini banyak diminati oleh masyarakat, karena mudah digunakan dengan fitur lengkap seperti chat, voice call dan video call. Dengan WhatsApp, kita bisa mengirim gambar, pesan suara atau pun panggilan video dengan mudah. Apalagi saat ini, WhatsApp menyediakan fitur tarik pesan terkirim sehingga menambah keunggulan aplikasi ini dari yang lain.

Salah satu fitur WhatsApp tak kalah peminatnnya adalah fitur obrolan grup (grup chat). Dengan fasilitas grup di WhatsApp, kita bisa membuat grup yang anggotanya adalah teman-teman satu sekolah dulu, teman kuliah, keluarga atau rekan kerja. Kita bisa asik ngobrol membahas berbagai topik, mulai dari sifatnya serius, hiburan, kerjaan atau topik yang lain.

Tapi, hal yang sangat menjengkelkan ketika topik yang di bahas dalam grup yang kita ikuti tidak sesuai dengan minat kita dan membuat kita ingin keluar dari grup itu. Permasalahannya adalah jika kita keluar dari suatu grup WhatsApp tertentu, maka semua anggota grup akan mengetahuinya. Padahal grup yang kita ikuti adalah grup keluarga atau teman kuliah dulu.

Pengalaman saya, keluar dari grup awalnya aman-aman saja, selang beberapa jam sudah banyak yang chat, kenapa keluar dari grup? Akhirnya admin grup memasukkan kembali akun saya ke grup. Dilema, kita ingin keluar grup tapi ada perasaan kurang enak karena grup itu grup keluarga atau teman kuliah. Bagaimana cara keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan anggota? Begini caranya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengganti nomor WhatsApp dengan nomor baru.


Selanjutnya hapus data atau clear data WhatsApp pada menu manajer aplikasi. Jangan lupa back up data Anda sebelum clear data.


Setelah langkah di atas Anda lakukan, maka secara otomatis aplikasi WhatsApp Anda akan bersih seperti baru di download dan seolah-olah terhapus padahal akun WhatsApp sebenarnya masih aktif.

Langkah terakhir yang akan kita lakukan adalah mendaftar kembali akun WhatsApp tapi dengan nomor lama. Jangan langsung daftar, tunggulah kira-kira 30 menit sebelum mendaftar pasca melakukan proses clear data. Setelah lebih dari 30 menit, buka aplikasi WhatsApp dan pilih menu Setuju dan Lanjutkan. Masukan nomor lama lalu lakukan proses aktivasi. Jika berhasil, lakukan proses pendaftaran sampai selesai. Jika ada pilihan untuk restore, klik OK, maka semua chat yang telah di-back up akan muncul dan Anda pun bebas keluar dari grup tanpa ketahuan anggota grup.