Keistimewaan dari perangkan ponsel pintar berbasis Android adalah tersedia berbagai macam pilihan untuk mengubah tampilannya.

Advertisement

Salah satunya adalah mengubah tampilan keyboard. Kenapa tampilan keyboard penting? Sebab keyboard akan selalu tampil ketika Anda mengetik. Tampilan keyboard juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat menggunakan ponsel pintar.

Saya sudah merangkum langkah mudah mengubah tampilan keyboard di ponsel pintar Anda.

1. Unduh dan pasang aplikasi Gboard

Biasanya setiap smartphone berbasis Android sudah dibekali dengan aplikasi keyboard buatan Google bernama Gboard. Bagi yang belum bisa mengunduh Gboard di Play Store. Jika sudah buka aplikasi Gboard yang muncul di layar homescreen.

2. Ubah keyboard yang digunakan menjadi Gboard

Ketika Anda membuka aplikasi Gboard maka Anda akan diminta untuk memasukkan aplikasi Gboard sebagai salah satu pilihan dalam jenis keyboard yang bisa dipergunakan pada pengaturan di smartphone Anda.

Cukup pilih menu yang disediakan oleh Gboard. Selanjutnya Anda akan diminta memilih Gboard sebagai keyboard yang digunakan.


3. Mengubah tampilan atau tema Gboard

Jika langkah sebelumnya sudah dilakukan, Gboard akan menampilkan halaman terkait fitur yang dimiliki oleh keyboard buatan Google tersebut.

Untuk mengubah tampilannya, pilih menu bertuliskan ‘theme’. Nanti, Anda akan langsung dialihkan ke halaman berisi pilihan kombinasi warna yang digunakan keyboard


Gboard kemudian menampilkan pengaturan tampilan terakhir, yaitu apakah Anda ingin menggunakan key borders atau bingkai pada setiap huruf di keyboard.

Ini tergantung selera Anda. Jika Anda memiliki jari jemari yang tergolong berukuran besar, tampilan keyborders bisa meningkatkan akurasi pengetikan.