Konsep iPad Pro/Martin Hajek

Lini iPad Pro generasi berikutnya yang direncanakan siap memulai debutnya tahun depan dirumorkan bakal mengusung chip prosesor A11X Bionic dengan performa lebih kencang dibandingkan dengan chip prosesor A11 Bionic milik iPhone X.

Mengutip sumber dari rantai pasokan Apple di Asia, situs berbahasa Mandarin MyDriver, menyebutkan Apple bakal menyematkan chip prosesor A11X Bionic dengan jumlah inti mencapai 8 buah (Octa-Core). Dibikin TSMC, prosesor tersebut bakal menggunakan prosesor teknologi 7nm.

Secara arsitektur, chip prosesor A11 Bionic di iPad Pro 2018 bakal mirip seperti di iPhone X. Yaitu disebutkan terdiri dari tiga inti berforma tinggi dengan nama kode “Moonson” dan lima sisanya adalah inti yang efisien dalam penggunaan daya dengan nama kode “Mistral”.

Begitu juga teknologinya, chip prosesor A11X Bionic di iPad Pro 2018 bakal mengadopsi Integrated Fan-Out Wafer Level Packaging (InFO WLP). Teknologi ini sebelumnya juga dimiliki chip prosesor A11 Bionic dengan proses fabrikasi 10nm di iPhone X.

iPad Pro 2018 sendiri kabarnya bakal mengusung teknologi pengenalan wajah Face ID. Jadi kemungkinan besar, prosesor A11X Bionic miliknya juga bakal terintegrasi dengan co-processor M11 dan Neural Engine untuk menangani tugas-tugas kecerdasan buatan, seperti memproses pengenalan wajah.


Apple sendiri rumornya bakal merombak desain iPad Pro mengikuti bahasa desain iPhone X. Sebagaimana iPhone X, iPad Pro generasi baru nanti tidak bakal dilengkapi tombol Home karena bezelnya lebih tipis daripada sebelumnya.

Sumber yang sama menyebutkan bahwa Apple bakal meluncurkan iPad Pro generasi baru dengan chip prosesor A11X Bionic berinti delapan tersebut paling cepat pada kuartal pertama atau kuartal 2 2018.

Kehadiran prosesor beinti delapan memang terdengar sangat ambisius. Secara performa tentunya bakal jauh lebih kencang daripada generasi sebelumnya. Namun saya tak yakin iPad Pro sudah saatnya dilengkapi dengan jumlah inti lebih banyak. Pasalnya, prosesor yang ada saat ini sudah cukup mumpuni seperti kita ketahui.

Namun, semua masih berupa rumor. Terlebih MyDriver tercatat tidak memiliki jejak rekam yang bagus soal produk baru Apple. Mereka pernah keliru soal nama iPhone SE dengan menyebutnya iPhone 5e atau iPhone 6c beberapa waktu silam. Jadi kita nantikan saja perkembangan berita ini.