Berita

iPad Pro Baru dengan Bezel Tipis dan Face ID Siap Hadir Akhir 2018

Desain iPhone X tampaknya tidak hanya bakal menjadi standar buat iPhone generasi berikutnya, tapi juga buat lini iPad Pro di 2018 mendatang. Pasalnya, Apple dikabarkan sedang mengerjakan iPad Pro generasi baru dengan desain seperti iPhone X.

Sejumlah sumber mengatakan kepada Bloomberg bahwa Apple berencana meluncurkan iPad Pro generasi baru yang mendukung dua fitur yang dimiliki iPhone X. Yaitu, teknologi pengenalan wajah Face ID dan bezel atau tepian lebih tipis.

Dengan disematkannya fitur Face ID, iPad Pro 2018 dipastikan tidak bakal lagi mengadopsi tombol Home dan Touch ID. Seperti halnya di iPhone X, hampir semua pengoperasian sistem antarmukanya bakal menggunakan gesture (gerakan).

Adapun kandidat model tablet yang bakal mengadopsi Face ID adalah iPad Pro 10,5 inci. Sayangnya, Apple disebutkan tidak bakal menggunakan layar OLED buat lini iPad Pro yang punya faktor bentuk baru tersebut.

Faktor harga menjadi alasan utama Apple tidak bakal mengadopsi layar OLED tersebut. Seperti diketahui, layar OLED adalah komponen yang sangat mahal. Jika layar OLED diadopsikan, ongkos produksi dan harga iPad Pro tentunya bakal lebih membengkak lagi mengingat ukuran layarnya lebih besar daripada iPhone X.


Alasan lain adalah para supplier layar OLED, Samsung, LG, dan lainnya, disebutkan tidak bakal mampu memenuhi pasokan komponen ini untuk iPad Pro lantaran lebih sulit diproduksi secara massal ketimbang layar biasa.

Selain dibekali prosesor dan GPU anyar yang lebih bertenaga, iPad Pro 2018 juga bakal hadir dengan Apple Pencil dengan pembaruan hadware. Namun tidak diketahui apakah desainnya bakal berbeda dan ada penambahan fitur baru untuk stylus tersebut.

Apple direncanakanya bakal meluncurkan iPad Pro dengan desain baru dan Face ID tersebut pada akhir tahun depan. Beberapa bulan lebih lama dari pendahulunya yang diluncurkan pertengahan awal tahun ini.

Comments
To Top