Advertisement

DANA, platform pembayaran hasil joint venture Emtek dan Ant Financial (Alipay), kini tersedia dalam versi beta di BBM. Pengguna BBM bisa memanfaatkan DANA untuk melakukan pembayaran berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti pulsa seluler, token listrik, air, BPJS kesehatan, dan cicilan di sejumlah layanan multifinance. Disebutkan saat ini DANA belum memfasilitasi fasilitas tarik saldo (withdrawal), tapi dijanjikan fitur akan tersedia di iterasi selanjutnya.

Kehadiran DANA melengkapi menu Discover BBM yang sejak diambil alih EMTEK telah berkembang menjadi sebuah “platform dalam platform”. Sementara ini memang DANA belum diintegrasikan sebagai platform pembayaran ke kanal Shopping, Coupon, atau Travel, tapi seharusnya tinggal tunggu waktu hingga semuanya terlaksana.

Secara proses, DANA tidak akan berbeda jauh dengan sejumlah platform e-commerce yang telah menyasar segmen yang sama. Saat ini DANA mengakomodasi proses top up melalui transfer rekening bank dan pembayaran tunai di gerai-gerai Alfamart.



DANA disebutkan hanya bisa digunakan oleh BBM yang tersedia di platform iOS dan Android.

Mengingat pengawasan platform pembayaran digital yang lebih ketat dari Bank Indonesia, DANA diekspektasikan memanfaatkan lisensi e-money PT Espay Debit Indonesia Koe (Espay) yang diakuisisi EMTEK awal tahun ini.