iPhone X/The Verge

Advertisement

Apple baru saja merilis informasi baru mengenai daftar negara gelombang kedua yang bakal segera menjual iPhone X setelah sebelumnya mereka menjualnya kali pertama di lebih dari 50 negara pada pekan lalu.

Dalam laman Newsroom, Apple mengumumkan iPhone generasi barunya tersebut bakal tersedia di 13 negara berikutnya yang tersebar di benua Eropa, Asia, Timur Tengah, dan Afrika mulai Jumat, 24 November 2017 mendatang.

iPhone X, the future of the smartphone, featuring a revolutionary new design with a stunning all-screen display, wireless charging and an incredible rear camera with dual optical image stabilization, will arrive in 13 additional countries across Europe, Asia, the Middle East and Africa as well as Macau on Friday, November 24.

Tidak ada nama negara Indonesia tidak ada dalam daftar negara gelombang kedua yang menjual iPhone X pada akhir November nanti. Ketiga belas negara yang masuk daftar adalah Albania, Bosnia, Kamboja, Kosovo, Macau, Macedonia, Malaysia, Montenegro, Serbia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, dan Turki.

Selain itu 13 negara di atas, Apple juga berencana menjual iPhone X di Timur Tengah lainnya sehari sebelumnya yaitu pada Kamis, 23 November 2017. Negara tersebut adalah Israel.

Lagi-lagi nama negara Indonesia keduluan oleh negara-negara tetangga, macam Malaysia, Kamboja, dan Thailand, yang masuk daftar. Meski pasar Indonesia tidak bisa dibilang kecil, nyatanya Apple belum mau menjualnya iPhone X di sini.


Apple sendiri sudah mendaftarkan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X di Indonesia dan dipastikan sudah lulus TKDN. Hal ini menyusul Apple berencana mendirikan sejumlah pusat inovasinya di negara kita tercinta.

Namun begitu sampai detik ini belum jelas kapan mereka bakal meluncurkan iPhone X di pasaran Tanah Air. Namun kemungkinan, ponsel pintar anyar dari Apple bakal menyambangi Indonesia awal tahun depan seperti tahun-tahun sebelumnya.