Tips & trik

Hapus Segera! File Xiaomi Ini Bisa Makan Memori Kamu Sampai 1GB

Xiaomi kini semakin gesit dengan hadirnya MIUI 9 hampir ke seluruh lini smartphone. Yah, versi ini memang menyediakan pengalaman yang begitu menyenangkan dalam mengakses aplikasi.

Cepat dan lancar, itulah ciri khas dari MIUI 9. Namun sayangnya, kecepatan ini memakan korban yakni memori internal terutama untuk bagian foto. Jika kamu saat ini sangat senang membuka foto karena loadingnya cepat, itu karena kerja prosesor dan cache dari fitur MIUI.

Yah, untuk menghemat waktu, Xiaomi membuat potongan gambar pada galeri menjadi Cache sehingga saat dibuka tidak perlu loading lagi. Tapi sayang sekali, menumpuknya cache membentuk file yang ukurannya jika dijumlah melewati 1GB.

File tersebut adala photo_blob.0 atau kadang juga thumbnail_blob.0. Jika kamu menghapus file ini, kamu bisa menghemat memori internal hingga 1GB dan tentunya tidak ada masalah jika dihapus. Caranya? Mudah saja.

Pertama, buka aplikasi Security > Cleaner > Deep Clean (bagian kanan ujung) > Klik pada bagian Big Files. Tunggu sampai loading selesai dan nantinya akan ada beberapa file seperti ini. Jika benar, ceklis dan Clean.


Nah, sekarang smartphone kamu bisa lebih lega memorinya bukan? Oh iya, cara ini hanya berlaku untuk smartphone Xiaomi yah.

Dan satu lagi, nantinya saat membuka galery, foto akan lama dimuat karena memang file cache tadi sudah dihapus. Tidak masalah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat yah.

Comments
To Top